MAGETAN - Bupati Magetan Drs.H.Sumantri,MM menyerahkan bantuan korban pasca bencana alamdi desa Jajar dan Ngelang Kecamatan Kartoharjo, Kamis (14Juli 2011) di balai desa masing-masing.

Bantuan buffer stock yang diserahkan kepada para korban pasca bencana di kedua desa tersebut berupa peralatan dapur, pakaian, peralatan balita dan dewasa dan peralatan keluarga. Bantuan yang diserahkan ke desa Jajar sebanyak 1.216 buah untuk 210 Kepala Keluarga (KK) dan desa Ngelang sebanyak 1.283 buah untuk 200 KK.

Bupati Magetan saat menyerahkan bantuan tersebut mengatakan pada kurun waktu 2010/2011di kabupaten Magetan banyak terjadi bencana alam.

Antara lain tanah longsor, angin puyuh, puting beliung,banjir,yang menimpa warga di berbagai wilayah terutama daerah rawan bencana yang meliputi kecamatan Poncol, Plaosan,Panekan, Lembeyan dan kecamatan Kartoharjo.

Ditegaskan,desa Jajar merupakan langganan banjir. Karena wilayah ini hampir setiap tahun menerima dampak luapan air dari pertemuan sungai bengawan Solo dan Kali Madiun. Luapan air itu berakibat menggenangi jalan,rumah penduduk dan lahan pertanian lainnya sehingga menimbulkan kerugian bagi warga masyarakat.

Sebagai bentuk keprihatinan dan perhatian pemerintah atas kejadian banjir tersebut, kata Sumantri, telah diserahkan bantuan dengan harapan semoga bermanfaat dan bisa mengurangi beban penderitaan atau kerugian.

Bupati menegaskan bantuan yang diserahkan bukan sembilan bahan pokok (sembako), karena bantuan sembako telah diserahkan pada penanganan darurat saat bencana terjadi.

Dalam pesannya, Sumantri berharap, masyarakat agar membuat peresapan air dan pembuangan air hujan sehingga mengurangi genangan air pada saat terjadi luapan air dari Kali Madiun dan Bengawan Solo.

Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk melestarikan alam sekitar dan menjaga kebersihan lingkungan serta menghijaukan dengan tanaman penguat pada lahan kosong. 

Sumber : Humas Pemprov Jatim

Post a Comment