GRESIK -Binar-binar kebahagiaan terpancar dari wajah Muhammad Khoiri (35) Pedagang Kaki Lima (PKL) yang membuka lapaknya di Alun-alun kota Gresik. Betapa tidak, Khoiri sudah membayangkan betapa ramainya minuman jus buah yang dijualnya selama ini akan semakin ramai.

Optimistis Muhammad Khoiri ini makin jelas, setelah Penjabat Bupati Gresik, Dr. Akmal Boediyanto menyerah terimakan gerobak baru bantuan dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Gresik, Pada Senin (12/9/2015). Khoiri tampak semakin optimis dengan Usahanya. 

Sebelumnya Khoiri menjajakan dagangannya dengan gerobak butut. Khoiri berkeliling dan berakhir mangkal dialun-alun setelah malam. Dengan gerobak butut tersebut, Khoiri tak dapat menarik banyak pelanggan mengingat penampilannya kurang meyakinkan dari sisi kebersihan maupun kesehatan.

Ternyata tak hanya Muhammad Khoiri yang beruntung mendapat gerobak baru.  Ada 50 (limapuluh) gerobak yang lain bantuan yang bertasal dari dana APBN tersebut diserahterimakan kepada para PKL di 16 (enambelas) kecamatan se Kabupaten Gresik.

Selain gerobak, Akmal Boediyanto juga menyerahkan bantuan 35 (tiga puluh lima) ice cool box kepada PKL yang lain.

Sementara untuk bantuan yang lain, Akmal Boedianto jugamenyerahkan bantuan 4 (empat) unit Mobil untuk Puskesmas Keliling. Mobil tersebut untuk menambah mobilisasi pelayanan Puskesmas pada masyarakat.

Mobil pusling tersebut masing-masing diterimakan untuk Puskesmas Sidayu, Puskesmas Dadapkuning (Cerme), Puskesmas Driyorejo dan Puskesmas Sembayat (Manyar).

Penyerahan semua bantuan tersebut dilaksanakan dalam sebuah upacara yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Gresik. Dalam sambutannya, Akmal Boedianto yang menyatakan bahwa Upacara hari ini adalah untuk memperingati HUT Propinsi Jawa Timur yang ke 70 yang tepatnya tanggal 12 September.

Pada kesempatan itu, Akmal berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Semua bantuan baik itu berupa mobil puskesmas keliling, atau bantuan program untuk para PKL agar bisa dimanfaatkan sebaik baiknya.

"Dengan tambahan mobil Puskesmas Keliling ini, saya berharap agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat lebih optimal. Terutama kepada masyarakat yang selama ini jauh dari tempat Puskesmas atau Faskes tingkat dasar" katanya.

Tentang bantuan untuk para PKL, Akmal mengatakan bahwa hal ini salah satu upaya Pemerintah dalam pengentasan kemiskinan.

"Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta Pemerintah Kabupaten Gresik sangat konsen terhadap program Pengentasan Kemiskinan. Salah satunya adalah memberikan bantuan untuk para PKL yang rata-rata masuk dalam kelas ekonomi lemah", katanya.    

Akmal menyatakan, dengan banyaknya para PKL atau UMKM yang dibantu, pihaknya berharap agar pelaku-pelaku ekonomi ditingkat yang paling bawah ini bisa tetap eksis. Karena pada akhir Desember 2015 ini, Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) akan dimulai.

"Kedepan mereka dapat mengembangkan diri untuk menjadi wirausahawan yang tangguh. Dan pada akhirnya dapat membuka lapangan kerja untuk masyarakat sekitarnya. Setidaknya program ini sudah memberikan bekal kepada mereka" katanya. 

Usai bagi-bagi bantuan pada pelaksanaan upacara peringatan HUT provinsi Jawa Timur, Penjabat Bupati Gresik Dr. Akmal Boedianto mengadakan rapat koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Gresik.

Pada rapat Forkopimda tersebut, Akmal mengundang semua unsur Muspida Gresik serta semua unsur penyelenggara pemilukada 2014.

"Pada kesempatan itu, Penjabat Bupati Gresik mengundang 3 (tiga) orang pasangan Calon (paslon) Calon Bupati Gresik."Para anggota Muspida penyelenggara Pemilukada serta 3 Pasangan Calon Bupati ini diundang untuk memberikan rasa aman dan stabilitas di wilayah Kabupaten Gresik" ujar Kabag Humas Suyono. (Arz Tim)  

Post a Comment