GRESIK - Penjabat Bupati Gresik Dr. Akmal Boedianto berharap kepada operator pengaduan di lingkungan Pemkab Gresik untuk memberi pelayanan lebih kepada masyarakat miskin.

Harapan Pj Bupati Gresik ini disampaikan saat membuka Worshop operator system informasi manajemen penanganan pengaduan masyarakat berbasis Teknologi Informasi yang diikuti oleh 100 orang operator pengaduan  yang berlangsung di Ruang Graita Eka Praja, Selasa (20/10/2015).

Dijelaskan oleh Akmal Boedianto, agar dalam menerima pengaduan masyarakat terutama masyarakat miskin harus ekstra sabar. Menurutnya, PNS ini adalah pelayan. Sebagai pelayan tentu harus melayani rakyat dengan sebaik-baiknya, terutama rakyat miskin.

"Rangkul mereka, ajak duduk dan dengan penuh kesabaran, ditanya keinginannya dan difasilitasi. Kalau rakyat yang gak miskin tentu mereka bisa melakukan pengaduan sendiri lewat online" ujar Akmal serius.

Terkait peran operator pengaduan, Akmal menyatakan sangat penting." Anda sebagai ujung tombak pengaduan yang ada di masyarakat. Peran anda menentukan sukses tidaknya pelayanan masyarakat. 

Anda harus punya intelektualitas, kemampuan menyeleksi serta kecepatan dalam menangani dan menyampaikan pengaduan kepada pembuat kebijakan. Kecepatan ini penting, karena akan menentukan kebijakan atas keinginan masyarakat" jelasnya.

Sementara Kabag Humas Suyono mengatakan, dengan memanfaatkan Teknologi Informasi,  Pengaduan yang ada di Bagian Humas Setda Gresik tentu akan selangkah lebih maju.

Selama ini pemerintah Desa dan kelurahan ini dalam melaksanakan pengaduan berkala dilaporkan secara manual.  "Setelah mereka ikut workshop. Mereka bisa langsung melaporkan secara online ke pengaduan.gresikkab.go.id .

Dalam workshop ini, kami tak hanya memberikan pelatihan pelaporan pengaduan online, tapi juga memberikan materi tentang etika pelayanan public sesuai Undang-undang RI no. 25 tahun 2009.

Kami juga memberikan materi tentang modul pengoperasian dashboard sisten informasi manajemen penanganan pengaduan masyarakat. "Kami mendatangkan Nurul Sari staf pengajar dari Unair" ujar Suyono.ARZ / Team

Post a Comment