SURABAYA - Pemprov Jatim menggerakkan ekonomi nasional melalui Jatim Fair. Setiap tahun Jatim Fair mampu menampilkan berbagai potensi produk unggulan daerah yang berorientasi ekspor dari berbagai kabupaten/kota baik Jatim maupun luar Jatim, termasuk pemerintah pusat.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo saat Pembukaan Jatim Fair 2015 di Convex Grand City Mall Surabaya, Kamis (8/10).

Ia mengatakan, Jatim Fair mampu mendongkrak perekonomian daerah maupun nasional. Hal ini terlihat dari data transaksi dan pengunjung yang meningkat dari tahun ke tahun.

Tahun 2014, pameran Jatim Fair mendapatkan transaksi sebesar Rp. 52 miliar dengan pengunjung sebanyak 198.607 orang. Ditargetkan tahun ini, Jatim Fair mampu dikunjungi sebanyak 200 ribu orang.

Lebih lanjut disampaikannya, Jatim Fair sebagai sarana yang tepat untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk terbaru kepada masyarakat, serta memotivasi promosi dan meningkatkan transaksi dagang selama dan sesudah pameran.

Selain itu, Jatim Fair sebagai sarana tolak ukur kekuatan daya saing produk yang dipamerkan.

"Jatim Fair diharapkan menjadi icon kebanggaan Jatim sebagai agenda pameran rutin para pelaku usaha, pemerintahan, dan masyarakat Jatim di wilayah Indonesia Timur. Event ini digelar untuk menarik para buyers, traders, dan investor dalam upaya memperluas jaringan pasar nasional maupun global," ujar Pakde Karwo sapaan akrabnya.

Dijelaskan, Jatim mampu menjadi penggerak ekonomi nasional karena memiliki posisi strategis dan menjadi supporting bagi kawasan Indonesia Timur. Pemerintah pusat pun terus mendukung Jatim guna menggerakkan ekonomi nasional.

Sementara itu, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, kemajuan Jatim tergantung pada kepemimpinan gubernur. Jatim mampu menggerakkan perekonomian nasional khususnya kawasan Indonesia Timur.

Jatim Fair 2015 dilaksanakan selama 11 hari pada tanggal 8-18 Oktober 2015, sebagai rangkaian kegiatan Hari Jadi Provinsi Jatim ke-70 Tahun 2015. Untuk jam buka pameran setiap hari pukul 11.00 s.d. 22.00 WIB, khusus weekend buka mulai pukul 10.00 WIB.

Sebagai Pameran Multi Produk terbesar di Indonesia Timur, Jatim Fair 2015 digelar di area open space, exhibition hall dan convention hall Grand City Convex dengan luas total area sekitar 12 ribu m2.

Seperti tahun sebelumnya, event ini lebih menekankan apda promosi produk-produk unggulan dan potensi yang kompetitif, berkualitas, dan berorientasi ekspor khususnya di dalam menyongsong era perdagangan bebas atau pasar global, maupun Masyarakat Ekonomi ASEAN di akhir tahun 2015.

Pada event tahun ini disiapkan lebih dari 570 booth kepersertaan yang sebagian besar akan menampilkan berbagai potensi produk unggulan dari kabupaten/kota se-Jatim, luar Jatim, pemprov, BUMN/BUMD, perusahaan manufaktur, perusahaan menengah ke bawah, pengrajin UKM dan koperasi seperti aneka kerajinan, mebel, elektronik, fashion, batik, makanan dan minuman, serta produk lainnya.

Jatim Fair 2015 juga kembali memberi hiburan spektakuler dengan menampilkan konser musik nonstop 11 hari dari beberapa artis penyanyi dan band ternama ibukota di panggung open space antara lain Tulus, Kotak, Ari Lasso, Andra & The Backbone, Endank Soekamti, Steven Jam, Tipe-X, Maliq D'Essentials, Naif, Tony Q, dan Geisha.

Selain itu, digelar juga berbagai wahan permainan anak dan keluarga, serta zona khusus yang memfasilitasi pedagang kaki lima makanan dan minuman dari lingkungan sekitar lokasi.

Yang menarik, di arena Jatim Fair akan dilakukan undian Door Prize setiap hari yang bisa diikuti oleh seluruh pengunjung, serta undian Grand Prize sebuah mobil Brio dan 4 sepeda motor di akhir pameran. Selama siang dan sore hari Senin hingga Jumat berlaku satu tiket untuk dua orang.

Di area Convention Hall di lantai 3, Jatim Fair menggelar aneka lomba dan kompetisi, demo produk, demo memasak, parade musik, talkshow, festival kesenian budaya daerah, fashion show, stand-up comedy, serta pemilihan Putri Jatim Fair. 

Sehingga tepat jika Jatim Fair menjadi ajang pameran, promosi, hiburan, belanja dan rekreasi keluarga bagi semua lapisan masyarakat Surabaya dan Jatim. 

Sumber : Humas Pemprov Jatim

Post a Comment