KLATEN - Peraturan gubernur (Pergub) tentang penyerapan anggaran bantuan keuangan provinsi ke kabupaten/ kota diisyaratkan akan segera diperbaiki Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP.

Perbaikan pergub tersebut untuk mengoptimalkan penyerapan anggaran bantuan provinsi yang diterima kabupaten/kota karena selama ini kurang maksimal.
"Saya akan menyiapkan perbaikan pergub nanti. Pergubnya nanti kita perbaiki agar pola serapannya lebih bagus," kata Ganjar usai meninjau perbaikan Pasar Srago Kabupaten Klaten, Kamis (15/10).

Menurut Ganjar, selama ini pola pemberian bantuan keuangan secara bertahap dari provinsi kurang tepat. Selain itu, tahap pencairannya kadang tidak sesuai pelaksanaan paket. Sebagai contoh, bantuan keuangan yang diusulkan Kabupaten Klaten sebesar Rp 1,2 miliar, tapi tahap pertama hanya diberikan Rp 800 juta.

"Cara membantunya perlu dikoreksi karena usulan kemarin Rp 1,2 miliar (di Kabupaten Klaten) tapi cuma dibantu Rp 800 juta. Kan tidak bisa jalan," ujarnya.

Dari usulan yang diberikan oleh Bupati Klaten Sunarna kepada Ganjar, bantuan keuangan akan diberikan secara bertahap per paket pembangunan. Sehingga serapan anggarannya dapat lebih baik lagi, seperti yang diamanahkan oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo.

"Kalau ada Rp 6 miliar dalam tiga paket terus motongnya kira-kira dikasih Rp 3 miliar nanggung. Bagusnya dikasih Rp 2 miliar atau Rp 4 miliar. Jadi paket-paketnya bisa selesai," terangnya.

Ganjar mengaku banyak daerah yang justru mengembalikan bantuan keuangan yang diberikan karena terlalu kecil atau terlalu besar, namun perencanaannya lambat. Sehingga, pola pemberian bantuan tersebut akan dibicarakan dengan DPRD agar dapat segera dilakukan.


Sumber : (humas jateng)

Post a Comment