GRESIK - Akhirnya Tim Kabupaten Gresik berhasil meraih juara I lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) tingkat Bakorwil Pamekasan Tahun 2015 setelah mengantongi nilai 6500.

Keberhasilan tim Kabupaten Gresik yang diwakili oleh Madrasah Aliyah (MA)Kanjeng Sepuh Sidayu, setelah sukses mengungguli lawan-lawannya se Bakorwil Pamekasan pada lomba kadarkum yang dilaksanakan di Ruang Mandala Bakti Praja, Kamis (29/10/2015).

Mereka adalah tim Kadarkum dari Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang dan Tim Kabupaten Sumenep. Pertandingan Kadarkum se Bakorwil Pamekasan ini tampak begitu meriah.

Para kelompok peserta yang mewakili dari berbagai Kabupaten se Bakorwil ini sepertinya memiliki spesialisasi masing-masing. Terbukti dari pertanyaan yang bersumber dari UU Perlindungan anak, UU Keterbukaan informasi public, UU ITE, UU Lalu Lintas dan UU Narkoba sepertinya masing-masing tim punya kekuatan spesialisasi.

Di babak awal dari III babak yang dipertandingkan, kekuatan masing-masing tim tampak berimbang. Beberapa tim mempunyai nilai awal yang sama dikisaran 1000. Demikian juga pada babak kedua, kekuatan tim tampak berimbang.

Hanya selisih nilai kisaran 500, namun pada babak III yaitu perebutan. Tim Kabupaten Gresik tampak sangat unggul. Tim Gresik jauh meninggalkan tim lainnya.    

Pada akhir babak perebutan, kedigdayaan tim Kabupaten Gresik yang diwakili para siswa MA Kanjeng Sepuh terlihat sudah. Hal ini bisa dilihat dari perolehan angka masing-masing Tim Gresik 6500 dan berhak menyandang juara I.

Tim Sumenep sebagai Runner up mendapat  2750, sedangkan Tim Bangkalan mendapat 920 menduduki peringkat III. Selanjutnya Tim Sidoarjo 800 dan Tim Sampang mendapat 140.

Semarak perhelatan lomba kadarkum di Gresik sangat terasa karena panitia memperbolehkan  Kabupaten membawa supporter. Tampak berbagai yel dan gerakan ditampilkan oleh para supporter sambil membawa berbagai alat musik.

Menurut Kabag Hukum, Edi Hadisiswoyo"Sengaja pada lomba kadarkum kali ini kami juga melombakan yel-yel oleh supporter. Kami memilih penampilan dan yel terbaik" katanya.

Pada lomba yel-yel, keluar sebagai juara pertama supporter dari Kabupaten Bangkalan. Mereka membawa alat music gendering dengan menyanyikan berbagai lagu.

Tempat kedua diraih oleh supporter Kabupaten Gresik yang mengusung alat musik Banjari.  Sedangkan  tempat ketiga diraih oleh supporter dari Kabupaten Sumenep.   

Sebelumnya, Sekda Gresik yang membuka acara tersebut berharap, kepada semua peserta untuk meraih prestasi yang setinggi-tingginya. "Ini bagian dari penyuluhan hukum kepada masyarakat.

Untuk itu kepada semua peserta lomba agar lebih banyak belajar dan memahami tentang hukum dan mengimplementasikan pada kehidupan sehari-hari di masyarakat" katanya.

Pada lomba Kadarkum tingkat Bakorwil kali ini dihadiri oleh beberapa institusi hukum yang ada di Kabupaten Gresik. Mereka juga ikut menyumbangkan pertanyaan kepada peserta sesuai bidangnya masing-masing yang terkait  UU Perlindungan anak, UU Keterbukaan informasi public, UU ITE, UU Lalu Lintas dan UU Narkoba. Arifin S / Team

Post a Comment