SURABAYA - Kwartir Daerah (Kwarda) Jatim merencanakan tiga program majukan pramuka tahun 2016. Ini dilakukan agar pramuka lebih maju dan diminati seluruh masyarakat, semangat pramuka semakin tumbuh.

Adapun tiga program yang dimaksud antara lain memperkuat gugus komunitas atau satuan komunitas, MoU dengan sekolah-sekolah, bupati/walikota se-Jatim, Gerakan Pramuka menanam.

Hal tersebut disampaikan Ketua Kwarda Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf saat Rapat Pleno Gerakan Pramuka Kwarda Jatim di Kantor Kwarda Jatim Jl. Raya Kertajaya Indah Surabaya, Selasa (3/11).

Ia mengatakan, gugus komunitas merupakan salah satu gugus yang terpenting bagi pramuka. Untuk itu, perlu cari terobosan agar gugus komunitas semakin berkembang dan memajukan Pramuka Jatim.

"Kwarda Jatim dapat meningkatkan minat masyarakat untuk aktif dalam gerakan pramuka melalui gugus komunitas / satuan komunitas dan Gugus Darma dalam rangka mengembangkan pramuka berbasis profesi, aspirasi dan agama," kata Gus Ipul sapaan lekat Wagub Jatim.

Lebih lanjut disampaikannya, MoU dapat dilakukan dengan sekolah-sekolah, maupun bupati/walikota se-Jatim.

MoU tersebut untuk menumbuhkan kepedulian sekolah terhadap pramuka apalagi terdapat UU No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka sebagai perkuatan MoU. 

Muaranya akan dilakukan festival pramuka menggunakan kostum bernuansa pramuka dari sekolah-sekolah se-Jatim.

"Kita MoU dengan sekolah-sekolah. Tidak hanya MoU, tetapi juga menampung usulan untuk memajukan pramuka. MoU juga dilakukan dengan bupati/walikota, TNI, Polri," jelasnya.

Selain itu, Kwarda Jatim juga akan mengadakan gerakan pramuka menanam tahun 2016. Semua kwarcab se-Jatim harus melakukan gerakan menanam dan cinta alam "Ini merupakan sebuah kepedulian pramuka terhadap alam. Mengajarkan generasi muda untuk lebih peduli terhadap alam," harapnya.

Gus Ipul juga menginginkan adanya website pramuka Jatim dan program kampanye melalui dunia maya (online) agar Pramuka lebih dilirik masyarakat.

Mengenai Musda Kwarda Jatim 2015, Kwarda Jatim harus meneguhkan tiga sukses yakni sukses Musda 2015, sukses penyelenggaraan, dan sukses pembahasan.

Musda akan dilaksanakan tanggal 6-8 di Warung Desa Trawas, Kab. Mojokerto. Pelaksanaan Musda Kwarda Jatim dilakukan untuk memilih kepengurusan Kwarda Jatim.

Musda kali ini akan memiliki nuansa berbeda dari musda sebelumnya. Pada Musda 2015 ini akan semakin mendekatkan Gerakan Pramuka Jawa Timur ke alam.

Untuk itulah Musda kali ini bertempat di daerah yang cukup dekat dengan aktifitas alam terbuka dan biasa digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang berorientasi kepada alam.


Sumber : Humas Jatim

Post a Comment