GRESIK - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Balongpanggang berhasil meraih sebagai perpustakaan terbaik tingkat Kabupaten Gresik tahun 2015. Hadiah dan tropy juara diserahkan oleh PJ. Bupati Gresik, Dr. Akmal Boedianto saat penutupan lomba dan gelar perpustakaan yang berlangsung Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro, Jum'at (27/11/2015).

Sukses sekolah ini meraih juara sebagai perpustakaan terbaik tingkat Kabupaten Gresik 2015 setelah menyisihkan 10 finalis lainnya. Selain SMPN I Balongpanggang yang meraih juara I, mereka yang berhasil meraih Juara lain yaitu SMP Muhammadiyah 12 GKB (juara II), SMP Islam Mambaus Sholihin Kebomas (juara III) dan MTs NU Trate sebagai juara Harapan.

Mulanya SMP Negeri Balongpanggang terpilih menjadi finalis mewakili Kecamatan Balongpanggang bersama sekolah yang lain. Menurut PLT Kepala Perpustakaan Budi Raharjo, penilaian lomba diawali sejak Bulan Oktober 2015. "Masing-masing kecamatan dipilih 2 sekolah SMP atau MI. Dari 32 sekolah yang mewakili 16 kecamatan disaring hingga menjadi 10 finalis untuk representasi" katanya.

PJ Bupati Gresik, Akmal Boedianto mengaku merasa bangga atas gebyar lomba perpustakaan tingkat SMP se Kabupaten Gresik."Saya menyampaikan terioma kasih atas bantuan semua pihak terutama perusahaan yang telah membantu sehingga acara ini berjalan sukses" katanya. Akmal juga berharap agar perusahaan di Gresik ikut membantu sekolah dalam pengadaan perpustakaan.

"Melalui program CSR, kami berharap agar tidak hanya membantu program social saja, melainkan juga ikut memberikan sumbangan pada pendidikan terutama perpustakaan sekolah dan perpustakaan warga.

Menurut catatan yang saya terima, masih 86 desa saja yang sampai saat ini menerima bantuan buku dari perusahaan, padahal Gresik ini ada 356 desa" ujarnya kepada undangan yang juga banyak dari perwakilan perusahaan yang ada di Gresik.

Diakhir sambutannya, Akmal berharap agar semua perpustakaan sekolah yang ada di Gresik bisa mengikuti jejak perpustakaan SMA NU I Gresik yang telah meraih juara I Nasional. "Kalau bisa perpustakaan SMP ini juga bisa meraih juara sebagai perpustakaan terbaik di tingkat Nasional" kata Akmal Boedianto. Arifin SZ / Team

Post a Comment