SURABAYA - Sekdaprov Jatim, Dr. H. Akhmad Sukardi, MM melepas Tim Ekspedisi Kapsul Waktu yang singgah di Surabaya, di Halaman Parkir Kantor Gubernur Jatim, Jl. Pahlawan 110 Surabaya, Selasa (10/11/2015). Rencananya, mereka akan melanjutkan perjalanan ke beberapa kab/kota di Jatim seperti Situbondo dan Probolinggo.

"Saya ucapkan selamat jalan, semoga selamat dan sukses sampai tujuan akhir membawa mimpi-mimpi dan harapan anak-anak Indonesia", ungkapnya. Jatim merupakan provinsi ke-21 yang dikunjungi oleh Tim Ekspedisi ini bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan.

Sebelumnya, pada upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November di Tugu Pahlawan Surabaya, dilakukan pembacaan tujuh mimpi aspirasi dan harapan masyarakat Jatim yang kemudian dimasukkan dalam kapsul waktu.

Tujuh mimpi dan aspirasi masyarakat itu dibacakan oleh dua pelajar yaitu Muhammad Gilang Ramadhani yang merupakan pelajar SDN Pakis III serta Dewi Aisiyah Aliyapratiwi yang merupakan pelajar SD Islam Takmiriyah Surabaya.

Berikut tujuh mimpi dan harapan masyarakat Jatim :

1. Sektor pertanian dan perikanan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan  dalam dan luar negeri dengan tetap membudidayakan bibit asli Indonesia.
2. Sistem pendidikan yang mampu melahirkan pribadi yang bermoral sesuai  dengan nilai-nilai Pancasilan dan mampu memimpin di bidang teknologi dunia.
3. Kesejahteraan dan kemakmuran yang merata sampai ke pelosok negeri.
4. Budaya dan tradisi luhur bangsa tetap terjaga, serta memiliki destinasi  pariwisata unggulan di dunia.
5. Adanya pemerintahan yang stabil, adil transparan dan yang dapat  mengakomodasi harapan dan cita-cita pendiri bangsa.
6. Menjadi bangsa yang sehat lahir batin serta mampu mengatasi segala kondisi.
7. Negara Kesatuan Republik Indonesdia tetap utuh, dengan pertahanan dan  keamanan yang memadai sehingga terciptakan rasa aman dan nyaman  masyarakat Indonesia.

Kapsul waktu berisikan surat tentang mimpi dan harapan anak-anak se-Indonesia di masa yang akan datang. Ekspedisi ini merupakan rangkaian 'Gerakan Ayo Kerja 70 Tahun Indonesia Merdeka' yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Rencananya, kapsul waktu itu akan dijadikan sebuah monumen yang akan didirikan di Merauke, Papua dan akan dibuka kembali pada 70 tahun mendatang, yaitu pada tahun 2085.

Dalam kegiatan ini, sebanyak 3 kendaraan roda empat akan berkeliling menuju 34 provinsi seluruh Indonesia, dimulai dari Sabang sampai Merauke.

Salah satu kendaraan membawa sebuah tabung berbentuk kapsul berukuran lebih kurang 50 sentimeter. Kapsul tersebut nantinya akan diisi surat-surat yang bertuliskan mimpi dan harapan anak-anak Indonesia, yang ingin dicapai di masa depan. 

Setiap provinsi akan merumuskan berbagai harapan menjadi satu lembar surat. Sesuai jadwal, kapsul waktu akan tiba di Merauke, Papua, pada 21 Desember 2015. Ekspedisi ini melibatkan 40 panitia utama, dan sejumlah perwakilan panitia di masing-masing daerah. 

Selain itu, masyarakat diajak bersama-sama menyambut kapsul waktu dengan beragam ekspresi termasuk pertunjukan seni, kegiatan ilmiah, aktivitas olah raga, pelatihan ketrampilan, festival, dan karnaval budaya.


Sumber : Humas Jatim

Post a Comment