GRESIK - Bersinarnya PS TNI sejauh ini di babak penyisihan Piala Jenderal Sudirman tidak lepas dari dukungan besar yang dilakukan oleh suporter PS TNI. Dalam mendukung tim kesayangannya tersebut, mereka seolah menerapkan kultur baru di dunia suporter Indonesia.
Seperti ratusan personel dari Kodim 0829/Bangkalan dikerahkan untuk mendukung perjuangan PS TNI di Gelora Destras Sidoarjo, Selasa 30 November 2015, sore.
"Karena yang bertanding membawa nama TNI, maka pendukung dan suporternya melibatkan anggota termasuk personel Kodim Bangkalan," ucap Lettu Chb Muhammad Tohari, Pasi Intel Kodim 0829/Bangkalan yang bermarkas di Kodim.
Mereka mendapatkan instruksi khusus untuk memberikan dukungan. Khusus untuk Kodim 0829/Bangkalan, personel diberangkatkan dari jajaran Koramil. "
Jika suporter lain memiliki tradisi dan berkembang dengan cara berbeda, demikian juga dengan suporter PS TNI. Mereka juga memiliki tradisi kuat dalam mendukung tim kesayangannya. Bahkan, kedisiplinan ala militer juga diterapkan kepada supporter yang identik dengan atribut berwarna coklat muda ini.
Tak heran jika selama 90 menit pertandingan mereka tetap konsisten dengan nyanyian dan yel-yel, sebab sejak awal doktrin ketat sudah tertanam dalam diri masing-masing personel.
Kehadiran PS TNI dan suporternya di stadion sepak bola juga berdampak dengan merchandise yang di jual. Ada hal unik yang muncul karenamerchandise PS TNI tersebut tidak dibuat oleh orang dalam TNI.
"Ya, memang sudah banyak merchandise yang beredar, tetapi yang membuat orang luar," kata Lettu Tohari. Arz/team4k2

Post a Comment