Surabaya,- Jajaran Kodim 0830/Surabaya Utara berupaya melakukan pendekatan kepada masyarakat secara kontinyu terus dilakukan untuk melakukan komunikasi sosial (Komsos). Tujuannya, selain guna mengetahui berbagai persoalan, juga diupayakan ikut membantu mencarikan jalan keluar, setiap persoalan yang ada masyarakat.

Komandan Kodim 0830/Surabaya Utara, Letkol Infanteri Ahmad Fikri Musmar, mengatakan bahwa kegiatan komunikasi kosial  (Komsos) merupakan implementasi program kerja bidang teritorial TA. 2015.  Dimana tujuan Komsos adalah pertama, terciptanyan hubungan komunikasi dua arah antara Babinsa dengan warga setempat.
kedua, terciptanya kesadaran untuk ikut aktif merencanakan dan membantu pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan upacara Hari besar nasional dan upacara adat/tradisional. ketiga, terciptanya kesadaran untuk aktif dalam kehidupan /kegiatan masyarakat dilingkungannya sehingga dapat tercipta suasana yang kondusif dengan cara merangkul Toga, Toma dan Toda. dan keempat, saling memberi informasi menyangkut data kewilayahan terutama jika ada kegiatan-kegiatan di Desa.

Selain itu kegiatan ini sebagai wahana silaturahmi untuk saling bertukar pikiran, memberi, mengisi serta meningkatkan peran Binter, sehingga keberadaan insan teritorial memberikan makna yang positif tersendiri di lingkungan masyarakat sekelilingnya, tegas Dandim.

Di
Jajaran Koramil 0830/05 Tandes misalnya, Babinsa Kelurahan Putat Gede Pelda Lukman melaksanakan komunikasi sosial bersama-sama dengan security Gereja Kristen Indonesia di Jl. Kupang Indah No. 1 membahas rencana perayaan hari raya natal.

"Kosmos kita lakukan bersama security, membahas tentang rencana perayaan hari raya natal dan tahun baru 2016. Selanjutnya, dipersiapkan untuk membantu kelancaran ibadah," kata Pelda Lukman, Selasa 15 Desember 2015.

Hal yang sama dilakukan jajaran Koramil 0830/03 Pabean Cantain, Babinsa Kelurahan Krembangan Utara bersama Babinkamtibmas dan staf kelurahan memantau giat ibadah Jemaat Gereja di Jl. Kebalen untuk menjaga kondusifitas wilayah.
Kemudian, jajaran Koramil 0830/02 Semampir,  Babinsa Serka Syafruddin dan Babinkamtibmas memantau situasi wilayah dengan metode Komsos di wilayah binaannya.

"Tujuannya, sebagai wahana silaturahmi untuk saling bertukar pikiran, memberi, mengisi serta meningkatkan peran Binter, sehingga keberadaan insan teritorial memberikan makna yang positif tersendiri di lingkungan masyarakat sekelilingnya," kata Syafruddin, pada infojatim,com. . (pendam5brwjaya/arz/team4k2)

Post a Comment