Surabaya-Seluruh personel Infanteri yang terdiri dari Perwira, Bintara dan Tamtama dijajaran Kodam V/Brawijaya mulai dikumpulkan di Lapangan Makodam. Sabtu, 19 Desember 2015 pagi, untuk mengikuti kegiatan Upacara peringatan Hari Korps Infanteri yang ke-67.

Dalam amanat Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri yang dibacakan oleh Kasdam V/Brawijaya, Brigjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau mengatakan, berkembangnya Infanteri sebagai Korps terbesar di Angkatan Darat merupakan suatu perjuangan yang tidak luput dari Bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Kasdam menambahkan, fakta tersebut terlihat pada salah satu catatan sejarah penting yang menjadi tonggak sejarah Infanteri dalam menghadapi Agresi Militer Belanda II pada tanggal 19 Desember 1948. "Dimana pada saat itu, Panglima Besar Jenderal Sudirman mengeluarkan perintah kilat yang ditujukan kepada Angkatan Perang RI untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya," terang Brigjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau melalui amanat Mayjen TNI Prihadi Agus Rianto yang dibacakannya.

Menurut Kasdam, dalam peristiwa 19 Desember 1948, Korps Infanteri mulai mendapatkan nilai-nilai Ketokohan dan Patriotisme dari seorang Panglima Besar Jenderal Sudirman.

"Profesionalisme Keprajuritan dan sifat pantang menyerah sekaligus nilai Kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang harus selalu terpatri dalam jiwa, sikap dan tindakan setiap prajurit Infanteri untuk mengabadikan nilai-nilai tersebut," tutur Kasdam V/Brawijaya.

Tak hanya itu, kegiatan Upacara Peringatan Hari Infanteri tersebut juga diakhiri dengan adanya pengumuman para peserta lomba Peleton Beranting (Ton Ting) yang terdiri dari Peleton Inti (Satuan Infanteri) dan Peleton Pengantar (Satuan Bantuan Tempur). Ton Ting itu sendiri diikuti oleh beberapa satuan di Jajaran Kodam V/Brawijaya dan Divisi II/Kostrad.

Beberapa Satuan yang berhasil menjuarai kegiatan tersebut yaitu, pada Peleton Inti berhasil diduduki Yonif Lintas Udara 503/Kostrad dengan berada di peringkat 1, sedangkan untuk posisi 2 berhasil diduduki oleh Yonif Linud Udara 502/Kostrad, dan di posisi 3 berhasil ditempati Yonif 500/Raider. Sedangkan untuk juara pertama di Peleton pengantar berhasil diraih oleh Yon Arhanudse 8/Kostrad, sedangkan di posisi 2 diduduki oleh Yon Bekang Kostrad dan di posisi 3 telah diraih oleh Yonzipur-5 Kodam V/Brawijaya. Selain itu, Juara Kehormatan dalam hal penyambutan pada saat Rombongan Ton Ting

.

Post a comment