Madiun-Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-87 tahun ini, Korem 081/DSJ menggelar upacara di Makorem 081/DSJ yang diikuti oleh seluruh jajaran personel sekaligus instansi setempat. Pada kali ini, upacara dipimpin langsung oleh Kasiter Korem 081/DSJ, Letkol Inf Saptono Adi Birowo.

Menurut Letkol Inf Saptono Adi Birowo, Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum sejarah yang sangat penting dalam perjuangan bangsa Indonesia yang di pelopori oleh anak-anak muda pada saat itu. "Sumpah Pemuda merupakan momentum yang membangun komitmen bangsa untuk tetap bersatu,"kata Letkol Inf Saptono Adi Birowo.

Ia menambahkan. Melalui kegiatan upacara yang digelar saat ini, merupakan suatu bentuk penghormatan kepad para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklrasikan Sumpah Pemuda.

"melalui sumpah itu, para pemuda menjadi pelopor Nusantara untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia dalam menjaga kesatuan dan persatuan negeri ini,"paparnya.

Upacara yang digelar dengan tema Revolusi Mental Untuk Kebangkita Pemuda Menuju Aksi satu Untuk Bumi itu merupakan suatu bentuk keprihatinan terhadap dua hal yang sedang terjadi saat ini.

"kita prihatin dengan dua hal yang sedang terjadi. Pertama, saat ini kita disuguhi fenomena baru tentang berubahnya pola realisi kemasyarakatan dan yang kedua, terkait fenomenan pengelolaan Sumber Daya Alam sebagai negara tropis,"terang Inspektur Upacara (Irup) dalam pembacaan sambutan tertulis dari Menpora RI, Imam Nahrawi.

Ia berharap. Dengan digelarnya upacara Sumpah Pemuda saat ini, para pemuda di Indonesia bisa memiliki tingkat kesadaran yang tinggi dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan.

"kita harap, pemuda di Indonesia bisa memiliki jiwa persatuan dan kesatuan yang lebih tinggi daripada sebelumnya,"pinta Letkol Inf Saptono Adi Birowo.

Post a Comment