GRESIK - DPRD Kabupaten Sukamara provinsi Kalimantan tengah yang diketuai  oleh Ir Moh Jamin mengadakan kunjungan kerja di Kab Gresik, rombongan di terima laqngsung oleh Plt Skretaris Kabupaten Gresik beserta pejabat terkait di Ruang Graeta eka Praja Kantor Bupati Gresik, rabu (25/05/2016).

Ketua rombongan yang juga wakil ketua DPRD Kab Sukarama Ir, Moh Jamin ini mengadakan kunjungan kerja dengan maksud ingin mengetahui lebih dekat tentang distribusi Pupuk Bersubsidi diKab Gresik.

Kami bermaksud berkunjung di Gresik ingin mengetahui tehnis distribusi pupuk bersubsidi, mengingat Kab Sukamara selama ini tidak pernah mendapatkan pupuk bersubsidi, walaupun sebenarnya kami sudah melakukan permohonan ke PT Petrokimia dan sudah di survei, namun hingga saat ini belum ada titk terang.

Plt Sekda Gresik Ir.H. Bambang Isdianto menjelaskan, bahwa sistem distribusi pupuk bersubsidi ini di tangani oleh pihak swasta yang telah ditunjuk PT. Petrokimia untuk pemenuhan kebutuhan pupuk baik di Jawa Timur mapun seluruh Indonesia.

Sistem yang dilakukan yaitu harus membentuk kelompok Tani maupun perseorangan, dengan membuat rencana kebutuhan kelompok Tani, selanjutnya di perkuat dengan SK Bupati dalam pengalokasian jumlah pupuk yang di butuhkan kelompok tani, dan surat keputusan dari Provinsi Jawa Timur, adapun  pupuknya berimbang artinya tidak hanya satu jenis pupuk saja, disini ada 5 jenis pupuk subsidi untuk kelompok tani.

Untuk menjaga dan tidak terjadi penyalahgunaan pupuk bersubsidi Pemerintah Kabupaten Gresik membentuk Tim pengawas atau pengendali pupuk, sehingga pupuk bersubsidi ini bisa tepat sasaran.

Dijelaskan pula, karena perkembangan Industri diKab Gresik  sangat pesat, tentu lahan pertanian akan semakin berkurang, maka  untuk mengamankan dan melindungi lahan-lahan potensi,  Pemerintah Kab Gresik membuat Perda, ada sekitar 27.000 ha lahan potensial yang sudah masuk Perda, 11.000 Ha lahan sawah sudah diairi irigasi, sedang sisanya masih merupakan lahan tadah hujan. Kab Gresik di bagi 4 wilayah, salah satu wilayah yang berpotensi pertanian yaitu di wilayah Utara, disini panen bisa mencapai 2 sampai 3 kali per tahun. jelasnya.


ARIFINSZ/D24ng/TEAM

Post a Comment