GRESIK - Anak adalah aset...anak adalah amanah dan  Anak merupakan anugerah dari Allah SWT kepada semua orangtua. Anak sebagai titipan Ilahi ini, harus dijaga dan dididik sebaik mungkin,Keluarga sebagai  Wahana Pertama  dan Utama Pendidikan Karakter Anak, demikian disampaikan Ketua TP PKK Kab Gresik saat membuka pertemuan rutin dan penyuluhan tentang pendidikan anak dan remaja dalam keluarga di era Globalisasi  di gedung Putri mijil.
Dewasa ini, peran orang tua dalam pendidikan anak sangatlah kurang. Kita bisa lihat dalam kahidupan sehari-hari,  Orang tua cenderung melepas anaknya pada duniapendidikan sekolahnya saja tanpa memperhatikan pendidikan dari lingkungan keluarganya itu sendiri.
Dengan kurangnya perhatian dari orang tua terhadap anak, anak akan cenderung bebas untuk bergaul. Biasanya pergaulan yang semacam itu akan menjurus kehal-hal yang negatif.
keberhasilan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai kebaikan (karakter) pada anak sangat tergantung pada jenis pola asuh yang diterapkan orang tua pada anaknya. pola asuh dapatdidefinisikan sebagai pola interaksi antara anak dengan orang tua.
jelasnya sementara itu narasumber Totok Isdianto dari Provinsi Jawa Timur dalam materi penyuluhan menekankan pada pentingnya pendidikan anak di era globalisasi.
Dijelaskan pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anaknya sangat menentukan keberhasilan pendidikan karakter anak. kesalahan dalam pengasuhan anak akan berakibat pada kegagalan dalam pembentukan karakter yang baik.
banyak dari kalangan anak-anak yang terjerat dan terjerumus di dunia narkoba, serta tindakan kriminal lainnya,sebagian besar yang mendorong hal-hal itu terjadi adalah factor lingkungan dan pergaulan dari anak itu sendiri,
Pengaruh globalisasi sekarang ini tidak dapat dipungkiri lagi oleh kita semua, karena, akibat globalisasi, banyak kemajuan teknologi yang masuk kedalam kehidupan kita, dan memberi dampak kepada kita semua, baik dampak positif maupun dampak negative, seperti dengan masuknya teknologi computer, apalagi jikacomputer yang sudah terhubung dengan internet, maka dengan mudah kita mendapatkan informasi-informasi yang terbaru.
dewasaini sangat dituntut untuk pandai-pandai memilah dan memilih informasimaupun budaya yang datang dari luar.Agar kita tidak kena dampakdari globalisasi, dengan demikian kita dapat menguasai duniaglobalisasi.
Sebaliknya jika kita tidak dapat memilah dan memilih, maka dunia  globalisasi  akan  menguasai dan  menghantui  kita  setiap  saat.
Asz/team/d2g

Post a Comment