GRESIK - Tinggal selangkah lagi Gresik bakal mengikuti jejak Surabaya, yang sebelumnya sudah menjadi Kota smart city, karena surabaya sudah dianggap mampu dan berhasil dalam penerapan konsep kota pintar yang berbasis pada tehnologi dan informasi dan komunikasi yang terintegrasi dengan  dengan baik smart governance, smart  environmant dan smart living.  langkah nyata ini di respon Bupati Gresik dengan mengumpulkan seluruh pimpnan SKPD se Kabupaten Gresik hari senin (21-11-2016). Di ruang rapat Graeta eka praja Kantor Bupati Gresik.

Tujuan di kumpulkanya seluruh pimpinan SKPD mengikuti Work show ini sebagai wujud kwajiban untuk seluruh SKPD untuk mendukung program yang lima tahun sebelumnya sudah diwacanakan yaitu Kab Gresik siap menuju Gresik Religius Smart City. Pesatnya kemajuan tehnologi dan informasi serta meluasnya perkembangan infrastruktur informasi global, telah merubah pola dan cara Pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya baik pelayanan, pembangunan dan pemerintahan.

Kemampuan pemerintah daerah dalam terlibat secara evektif dalam revolusi jaringan tehnologi informasi.dan komunikasi akan menentukan masa depan dan kemajuan Pemerintah Kabupaten Gresik menjadi lebih baik. Jelas Bupati Gresik di dampingi Wakil Bupati dan skretaris Daerah saat membuka Workshop Smart city.

Bupati Gresik Dr. H. Sambari Hali radianto mengatakan saat ini pemerintah kabupaten gresik merupakan salah satu pemerintah daerah yang telah menjalankan beberapa layanan teknologi informasi dan komunikasi yang lengkap. pemerintah kabupaten gresik telah mambangun jaringan intranet dan internet melalui jaringan fiber optic dan wireles area network (wan) yang menghubungkan pemkab dengan seluruh skpd dan 18 wilayah kecamatan, untuk konektifitas internet pada 26 kelurahan dan 330 desa juga telah terlayani melalui pemberian bantuan akses berlangganan internet sebesar rp. 350.000 perbulan melalui dana desa. untuk penyebarluasan informasi telah dibangun media center yang bekerjasama dengan kementerian kominfo serta pembangunan telecenter guna pemberdayaan masyarakat di bidang TIK.

perlu saya ingatkan kembali agar seluruh jajaran kepala SKPD di lingkungan pemerintah kabupaten gresik untuk lebih meningkatkan kinerja penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan kepada publik dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Smart city dan e-government itu sangat strategis dalam menciptakan transparansi, akuntabilitas, efisiensi dan kecepatan birokrasi serta peningkatan kualitas layanan publik yang cepat, mudah, dan terjangkau oleh masyarakat serta dapat meminimalisasi terjadinya pungutan liar.

Workshop smartcity di ikuti seluruh pimpinan SKPD se Kabupaten Gresik dengan menghadirkan nara sumber dari lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat ITS (LPPM-ITS) Dr. Ir. Endroyono.

Arz/team/d2g

Post a comment