GRESIK,infojatim.com - Peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan ke -17 Kab Gresik yang dilaksanakan di Gedung Putri mijil (15/12/2016) dilaksanakan secara sederhana dan diwarnai dengan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh anggota DWP, dari hasil pemeriksaan 90 % anggota DWP masuk pada kategori indek masa tubuh lebih artinya obesitas selain kolesterol menghantuinya, memang wajar jika ibu-ibu yang masuk usia 40 tahun keatas masuk kategori tersebut, jangankan orang tua, anak-anak remaja saat ini menunjukkan trendnya meningkat terkait resiko penyakit tidak menular tersebut, penyakit tidak menular lainnya seperti Diebetes, Hipertensi, jantung, asam urat, strock, paru-paru dll, penyakit-penyakit tersebut di Gresik trendnya meningkat, tidak hanya di derita oleh orang tua saja, namun remaja sudah mulai terjangkit, demikian disampaikan Nur farida SKM.MM, Kasi pengawasan pencegahan penyakit dari Dinas Kesehatan. Usai melakukan pemeriksaan, pada gerakan masyarakat deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular.

Diakuinya bahwa saat ini  penyakit tidak menular di gresik trendnya meningkat dari tahun ke tahun, artinya bergeser ke usia muda, jadi tak perlu menunggu umur tua. hal ini di karenakan gaya hidup masyarakat kurang memperhatikan kesehatan atau tak sehat, seperti kurangnya makanan sayur dan buah-buahan,masyarakat cenderung mengkonsumsi makanan siap saji, ini sangat berhaya bagi kesehatan.

Untuk mencegahnya Dinas Kesehtan Kab Gresik telah mendirikan pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular, saat ini baru 86 pos dari 356 desa, di harapkan nantinya seluruh desa terdapat 1 pos sehingga, kami juga mendirikan pos khusus di sekolah, ponpes, ojek dll. Dan  mengubah pola hidup CERDIK  (kesehatan secara teratur, Enyahkan asap rokok, Rajin olag raga, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola Stres) jika ini dilakukan insya'allah terhindar penyakit tidak menular.

Sementara itu Ketua DWP Kab Gresik Nyonya ning esthi djoko sulistio hadi menjalaskan, pemeriksaan kesehatan bagi ibu-ibu anggota sangat penting, mengingat ibu-ibu yang usianya di atas 40 tahun ini biasanya rawan penyakit, agar terhindar dengan hal tersebut maka sangat bermanfaat jika terdeteksi dini segala penyakit. Selain pemeriksaan kesehatan gratis, HUT DWP ke 17 ini juga di warnai dengan pemotongan tumpeng.

Arz/team/d2g

Post a comment