GRESIK infojatim.com - Sebanyak 207 anggota Polres Gresik menjalani tes psikologi yang digelar di Sor PT Petrokimia Gresik, Selasa (16/10/2018). 

Kapolres Gresik AKBP Wahyu  S Bintoro, SH SIK MSi saat membuka kegiatan menjelaskan, tes psikologi ini dilakukan untuk mengetahui keadaan psikologi personil masing-masing agar dalam pelaksanaan tugas kepolisian berjalan dengan semestinya.

Ia menyebutkan, melalui tes ini diharapkan agar para anggota yang memegang senpi paham terhadap perkap no 1 tahun 2009, sesuai dengan perkap pasal 47 no 8 tahun 2009 tentang penggunaan senpi. Kegiatan ini dilakukan secara rutin 6 bulan sekali.

"Dengan kegiatan ini, diharapkan kesatuan dapat mengetahui tingkat kecerdasan, intelektual, tingkat emosional, pengendalian diri, penyesuaian diri dalam bertugas terutama bagi personil yang dipercaya untuk memegang senjata api. ," terang Kapolres.

Kapolres menambahkan, hasil yang diperoleh masing – masing personil akan menentukan kelayakan personil yang menggunakan senpi nantinya. Namun, ini hanya salah satu persyaratan saja, bukan berarti personil tersebut harus memegang senpi.

Menurutnya, kelayakan personil untuk memegang senpi juga harus mendapat rekomendasi dari pejabat Polres serta kelengkapan administrasi lainnya.

Tes ini, diselenggarakan oleh Biro SDM Polda Jatim yang merupakan kegiatan rutin dan berkala  di Polres Jajaran Polda Jatim dalam rangka pemberian pelayanan terhadap personil di kewilayahan.


ARZ TEAM

Post a Comment