LAMONGAN - Hari raya idul adha sudah berlangsung satu hari yang lalu, masyarakat warga Sekanor-Jambon Desa Sendangagung kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan hari ini sangat bergembira.

Usai menjalankan sholat idul adha kemarin hari minggu pagi, Sekarang menginjak hari kedua senin, (12/08/2019), masyarakat setempat berbondong-bondong menyerahkan hewan qurbanya ke panitia penyembelihan qurban, yaitu ke Bpk.Anwar Fatih, Bpk,H.Shokib, Bpk,Zaenal Musthofa dan Bpk, Hanif Sholihan di Masjid Al-Amin, Sekanor-Jambon. 

Dari laporan panitia, sebanyak 18 orang yang telah menyerahkan hewanya kepada panitia, terbagi menjadi dua, yaitu berupa Sapi dan kambing. 

"Alhamdulillah, tahun ini ada peningkatan dari tahun sebelumnya, total saat ini ada tiga ekor sapi dan 15 ekor kambing. Mudah-mudahan semua hewan qurban diterima oleh Allah Swt", ujar ketua panitia qurban Bpk,Anwar Fatih saat ditemui awak media di lokasi penyembelihan qurban (Senin,12/08/2019). 

Kak War, panggilan akrabnya, berharap kepada semua warga yang terlibat menjadi panitia qurban ini, "Agar pembagian daging qurban bisa merata ke semua masyarakat khususnya warga yang kurang mampu di Sekanor- dan Jambon ini, selain itu setelah qurbanan ini rencana besuk hari rabo malam Kamis, diharap semua panitia qurban bisa hadir di masjid untuk mengikuti pertemuan dalam rangka laporan pertanggungjawaban panitia qurban, sekaligus ikut kegiatan rutin sholawatan, adapun untuk undanganya menyusul" Imbuhnya.

Sementara Penasihat Takmir masjid Al-Amin Kyai.M.Muzakkin (Gus Zakky), dalam kesempatan ini memberikan apresiasi yang sangat dalam, beliau acungkan jempol untuk qurbanan tahun ini, bahasa gaulnya Mantul (mantab betul), sebab banyaknya qurban tahun ini menunjukkan buah dari peningkatan iman dan kesadaran warga setempat, oleh karena itu harapannya, "semoga tahun depan yang korban bertambah banyak dari tahun sekarang dan warganya bisa bertambah kompak lagi, selain itu juga ngalap barokah idul adha" Ungkapnya.

Atas kekompakan dan partisipasi warga, disambut antusias juga oleh Modin Sendangagung Bpk,Muhsin, yang juga turut hadir dalam momen ini, kata Kak Muhsin, panggilan akrabnya," Alhamdulillah, orang yang korban tahun ini dimasing-masing titik di Desa Sendangagung,semuanya mengalami peningkatan, disamping kwalitas beragamanya sangat tinggi, faktor kemampuan ekonomi warga banyak yang mapan dan meningkat", Ujarnya. 

Lokasi penyembelihan korban tahun ini oleh panitia sengaja ditempatkan di belakang rumah Bpk,Zaenal dan Mas Febri, pertimbangannya karena disamping lahanya luas dan teduh dengan bangunannya yang permanen, kontrolanya juga sangat mudah, sehingga panitia tidak riwa-riwi kesana kemari menempatkan daging yang sudah dipotong-potong, disamping itu yang paling enak adalah tempat itu segala fasilitas yang dibutuhkan panitia sudah tersedia dengan lengkap, mobil untuk angkut brabas disediakan gratis, air yang dibutuhkannya sangat melimpah, perabot dapur yang dibutuhkan para ibu untuk memasakkan panitia juga lengkap, dll. 

Kata Kak nal, panggilan akrabnya, "Di tempatkan disini tidak apa-apa, Monggo saja, yang penting panitia setuju semua, bahkan saya akan membantu apa yang akan dibutuhkan panitia sesuai kemampuan saya", Ungkapnya pada awak media. 

Turut hadir dalam acara qurbanan ini,diantaranya : 
1. Ketua Takmir masjid Al-Amin Sekanor-Jambon, Bpk,H.Hadi Riyanto,S.pt,MM. beserta ibu, yang selalu memberikan komando dan mengawal perjalanan prosesi qurban.
2. Bpk.Modin Muhsin Sendangagung.
3. Bpk,H.M.Husnan, Bpk,Basuni, Bpk,Eko Suhandoyo, Bpk,Suparno, Bpk,Munir (Selaku tokoh Masyarakat), 
4. Mas Muzammil, Mas Syueb, Mas Ihksan, Mas Abdul Ghofur, Mas Faizin, Mas Kamil, Mas Sokib Elektro, Mas Sukri, Kak Dul jahit dan Mas Dimyati (Selaku Promotor dan penggiat kalangan Remaja masjid).
5. Sederet pengurus Takmir masjid.
6. Ibu-ibu jamaah masjid Al-Amin, dan 
7.Simpatisan masjid Al-Amin, baik dari Payaman, Sendangagun ,dan sekitarnya. 

Kata Pak H.Hadi(Ketua Takmir), "Terimakasih kepada seluruh panitia qurban,Pak Zaenal,dan Mas Febri beserta keluarga,kami atas nama pengurus Takmir tidak bisa membalas apa-apa,semoga yang terlibat dalam kegiatan qurban ini mendapat pahala dan ridho dari Allah,Swt",Amin.

Serunya. Alhamdulillah sekitar jam 11.00(siang), pelaksanaan qurban sudah selesai semuanya,dan juga sudah di distribusikan ke warga Sekanor- Jambon,ke wilayah Sendangagung,dan juga ke Payaman.

Akhir kata,Semoga qurban ini diterima oleh Allah Swt, dan barokah untuk semua yang terlibat,Amin, Pungkasnya. 


Sumber Berita: Suara JCW News, Arifin s.zakaria Infojatim.com (Pendiri dan Penanggung jawab redaksi)

Post a comment