GRESIK infojatim.com - Motto Berani Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.
Kerja keras dari Pemerintah Desa ( Pemdes) di Ds Sekapuk Ujungpangkah Gresik Jawa Timur, untuk itu patut di tauladani dari pemerintahan kep desa Sekapuk Abdul Halim yang saat ini sedang menata wisata alam Setigi dengan alamat Desa Sekapuk Kec Ujung Pangkah Kab Gresik dari alon- alon Sedayu kurang lebih 9 KM, jika di tempuh dari kota Gresik total waktu yang dibutuhkan 45 Menit, wisata Alam Setigi ini yang dapat untuk menciptakan lapangan kerja bagi generasi muda.

Tidak Sampai disitu lanjut Kades yang dijuluki sang Begawan mengungkapkan, bahwa lahirnya wisata Setigi alam ini yang dulunya sebagai tempat pembuangan sampah mulai tahun 2003 - 2018, setelah tempat pembuangan sampah di bersihkan oleh warga Sekapuk,. Lanjut tahun 2019 di bangun area danau, jembatan peradaban, air terjun, rumah apung, rumah adat dan launching 1 Januari 2020 berdirilah Wisata Alam Setigi yang masih murni dengan nuansa alam. 

Dengan semangat dan tekat yang kuat kep desa Sekapuk Abdul Halim bersama sama warga masyarakat membangun Desa Sekapuk untuk bangkit menjadi desa yang mandiri untuk menciptakan lapangan kerja khusus untuk warga Ds Sekapuk, ' Ungkap, ' Kades kepada Pendiri dan Penanggung jawab redaksi infojatim.com

Tak lepas dari situ ucap Kades Sekapuk terkait pada ukiran batu yang mempunyai simbol nuansa indahnya, perbedaan candi topeng Nusantara terdiri dari 67 topeng namun dari salah satu topeng ada yang menarik perhatian pengunjung salah satunya pengujung yang hadir di wisata Alam Setigi salah satunya adalah Habib AHMAD ISMAIL BIN ABDULLAH AL-ISLAM HABSYI bersama tamunya dari Singapura dan Brunei Darussalam, Sabtu ( 22/2/2020). 

Dari salah satu topeng tersebut ada yang menarik yakni topeng dari suku Asmat menghadap ke timur mempunyai arti indahnya perbedaan di nusantara, dan Habib Ahmad Ismail Bin Abdullah Al-Islam Habsyi beserta tamunya juga mengelilingi wisata Alam Setigi tersebut di Kawal oleh kep desa Abdul Halim sampai selesai dengan menggunakan perahu bebek keliling danau dengan kapasitas muatan air 16.000 kubik dengan kedalaman danau kurang lebih 2 meter. 

Dan juga Habib Ahmad Ismail Bin Abdullah Al-Islam Habsyi  mencoba menaiki sepeda motor ATV sejauh 4 kali putaran dengan biaya Rp.10.000 , tak ketinggalan juga pendiri dan penanggung jawab Redaksi infoJatim.com mencoba menaiki sepeda motor ATV untuk menikmati indahnya pesona wisata Alam Setigi. 

Yang lebih menggembirakan lagi dan terkejut yang di rasakan oleh kep desa Abdul Halim bahwa wisata Alam Setigi pada hari Jum.at ( 21/2/2020) sempat di kunjungi oleh Ibu Hj Maria Ulfah Sambari yang bertepatan dengan Hari Kelahiran yang ke - 50 tahun bersama keluarga.

Program selanjutnya yang masih harus dalam pembenahan dan penataan wisata Alam Setigi ungkap kep desa Abdul Halim kepada Pendiri dan Penanggung jawab redaksi adalah Pembangunan kolam renang ' Hijaber ' yang rencananya launching pada 1 Januari 2021 dengan mengambil konsep dari bagian bawah mengingat Gresik merupakan kota santri sekaligus bumi wali, jadi untuk pengunjung perempuan wajib menggunakan hijab, jika pengunjung yang tidak membawa hijab atau perlengkapan disini wisata Alam Setigi menyediakan / menyewakan hijab untuk pengunjung. 

Komentar kep desa Sekapuk Abdul Halim pada tahun 2018 ada investor menawarkan kontrak dengan anggaran Rp. 30 Milyard untuk mengelola wisata Alam Setigi dengan Durasi 23 tahun, namun kep desa menolak dengan maksud pengelolaan tetap di ambil alih oleh warga masyarakat sendiri untuk menciptakan lapangan kerja, sebab Wisata Alam Setigi tersebut merupakan Aset desa. 

Menurut Habib Ahmad Ismail Bin Abdullah Al-Islam Habsyi semestinya dari Pemerintah Daerah harus mendukung dan memperhatikan obyek Wisata Alam Setigi yang berada di Ds Sekapuk Kec Ujung Pangkah Kab Gresik untuk di perhatikan dan di promosikan sebagai obyek Wisata Alam yang di kelola oleh Desa Sekapuk Kec Ujung Pangkah Kab Gresik. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik harus mengambil langkah untuk wisata ini sebab pengunjung dari obyek wisata tersebut tidak hanya di kunjungi oleh tamu lokal namun tamu dari mancanegara sudah melihat dan mengunjungi lokasi tersebut seperti tamu dari Singapore dan Brunei Darussalam. 

Bersambung.......


 Penulis Arifin s.zakaria Infojatim.com ( Pendiri dan Penanggung jawab redaksi)

Post a comment