GRESIK infojatim.com - Motto Berani Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.
Dua inovasi baru terkait dengan pelayanan publik, yakni Samsat Rame dan Samsat Apung milik Polres Gresik, mendapat apresiasi dari Deputi Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan-RB), Diah Natalisa saat berkunjung di Mapolres Gresik, Selasa (3/03/2020). 

Tujuan kedatangan Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB itu, untuk melihat infrastruktur pelayanan di Mapolres Gresik. Ada gedung baru yang digunakan sebagai tempat melayani masyarakat terkait pelayanan SKCK maupun SPKT.

Kedatangan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan Prof. Dr. Diah Natalisa. MBA bersama rombongan diterima langsung Kapolres Gesik AKBP Kusworo Wibowo, SH SIK MH., bersama Wakapolres Gresik Kompol Dhyno Indra Setyadi SIK MSI dan PJU Polres Gresik di aula Parama Satwika 98 Polres Gresik. 

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, SH SIK MH menyampaikan Sesuai dengan Program Pemerintah yaitu Menciptakan Lapangan dan Menjaga Investasi Pemerintah, Maka kami Pihak Polri Wajib menjaga Program Pemerintah tersebut guna menciptakan situasi yang aman dan Kondusif. 

Pihaknya menyebutkan Polres Gresik terus berbenah dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik memiliki beberapa Program Pelayanan Publik Unggulan diantara, Go Sigap, Gajah Mada, Nasi Krawu, Samsat Rame dan Samsat Apung.

Program Samsat Rame dan Samsat Apung merupakan program baru untuk Mempermudah Masyarakat dalam Proses Pembayaran Pajak Kendaraan tanpa melalui datang ke kantor Sat Lantas Polres Gresik, terang Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, SH SIK MH. 

Menurut Diah Natalisa, selama ini pelayanan SKCK di Polres Gresik, sangat beda jauh dengan pelayanan SIM di Satpas. Perbedaannya, masyarakat dilayani layaknya seperti di perbankan. "Dengan adanya infrastruktur yang semakin baik, profesionalisme SDM akan semakin meningkat. Gedung yang semakin nyaman, penyelenggara pelayanan publik harus lebih semangat memberikan pelayanan," ujarnya. 

Menurutnya, fasilitas pelayanan di Polres Gresik sangat lengkap. Mulai dari tempat bermain anak, ada antrean, vivo jalan, tempat baca, untuk lansia, ruang menyusui dan sejumlah fasilitas lainnya.

"Nah, yang surprise ada dua inovasi baru. Samsat Rame dan Samsat Apung. Insyaallah warga Gresik dan sekitarnya akan dimanjakan," ungkapnya. 

Polres Gresik ini melakukan jemput bola. Masyarakat cukup menunggu di rumahnya masing-masing. Dan petugas yang datang dengan membawa alat yang canggih. "Termasuk Pulau Bawean juga dipikirkan dengan inovasi Samsat Apung," imbuhnya. 

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo mengucapkan banyak terimakasih atas kunjungan tersebut. Pihaknya berharap atas masukan dan arahan yang diberikan dapat menjadi evaluasi kedepan. Agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

Alumnus Akpol 2000 itu menyebutkan bahwa Polres Gresik telah membuat Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk mengetahui seberapa puas masyarakat terhadap pelayanan Polres Gresik. "Sehingga kami bisa mengetahui tingkat kepuasan masyarakat seperti apa," katanya. 

Dalam agenda kedatangan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan Prof Dr Diah Natalisa, MBA ke Polres Gresik juga ke Satlantas Polres Gresik sempat terpantau langsung oleh pendiri dan penanggung jawab Redaksi infoJatim.com.


Partner Mitra Arifin s.zakaria Infojatim.com ( Pendiri dan Penanggung jawab redaksi)

Post a comment