Rembang, Jateng, Infojatim.com - Motto Berani Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.
Polres Rembang Jateng di bawah kepemimpinan Akbp Dolly A.Primanto telah dilaksanakan Komitmen bersama Polres Rembang dengan dinas sosial, Bank Bni dan Kantor Pos dalam rangka kawal pendistribusian dan Bansos Rembang Covid 19, Selasa ( 5/5/2020) . 

Dalam kegiatan tersebut hadir Kapolres Rembang AKBP Dolly A. Primanto SH SIk MH., 2.Waka Polres Rembang, Kompol Tamlikan SH , Kabag Ops Polres Rembang, Kompol Johan Setiajid, Kanit 2 Reskrim Ipda Widodo , Kanit 2 Sat Intelkam Aiptu Zainal Arifin SH , Kepala Dinsos PPKB Sri Wahyuni , Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos PPKB, Bp Nasaton Rofiq, SH , Perwakilan Petugas Pos Indonesia Cabang pati Bp Gerardio S.W , Perwakilan Petugas dari Bank BNI sebanyak 2 orang.

Kapolres Rembang mengatakan bahwa kita melaksanakan komitmen bersama artinya untuk SOP agar lebih jelas baik pengawalan sesuai prosedur, Sebelum ditandatangani silahkan masing masing baik dari Dinsos, pos indonesia dan BNI bisa memaparkan kegiatan pendistribusian bantuan sosial yang akan dilaksanakan, ' Pungkasnya, ' 

Dari Beberapa pengalaman yang lalu terkait BPNT dan PKH banyak permasalahan dan saat ini diharapkan tidak terjadi penyelewengan dan sesuai keperuntukannya serta tepat sasaran. Dengan adanya kesepakatan bersama bertujuan untuk menyiapkan payung hukum dan diharapkan data di dinsos bener bener jelas atau tepat sasaran agar tidak timbul permasalahan baru. 

Untuk yang mendapatkan bantuan, Dinas sosial agar dilakukan penempelan atau label yang mendapatkan bantuan dalam komitmen ini bener bener dijaga dan apabila ada permaslahan diharapkan dibicarakan bersama guna untuk kepentingan bersama. 

Perlunya antisipasi terhadap masyarakat yang tidak dapat akan tetapi memaksa atau protes untuk mendapatkan bantuan, Ujar Akbp Dolly A.Primanto. 

Selanjutnya apa yang disampaikan oleh Kabagops Kompol yohan setiajid , Bahwa dalam Pola pengamanan bantuan sosial covid 19 keseluruhan di Kab. Rembang sejumlah 142 personil dengan susunan pos pam sbb:
 - Untuk personil pam yang melekat 2 personil untuk masing masing tempat penyaluran bantuan. 
 - pengamanan BPNT 47 lokasi dengan jumlah 94 personil.
 - Pengawalan 2 personil 
 - pengamanan BST 6 lokasi masing masing 2 personil.
 - Deteksi dan monitoring 2 personil
 - kontijensi 1 ton dalmas stanby diPolres 30 personil. 
 - pengamanan di bagi 4 zona dianataranya zona barat (Rembang,Kaliori,Sumber), Zona Selatan (Sulang, Bulu, Gunem), zona utara (Sluke, lasem, pancur, pamotan), Zona timur (Kragan Sarang, Sedan, Sale).

Juga dari Dinsos PPKB Kab. Rembang ibu Sri Wahyuni mengucapkan Terimakasih waktu yang diberikan, kegiatan yang diadakan ini sebagai tindak lanjut dari rapat hari jumat tanggal 1 mei 2020 kemarin. 

Semoga penandatanganan komitmen ini merupakan salah satu hasil kerjasama yang baik dalam penanganan dan pemberian bantuan dampak covid 19.. Dalam rangka melakukan pendistribusian bansos untuk pengamanan terkait adanya covid 19 Pendistrian KKS perluasan bpnt yang di Rembang dipegang pihak BNI dan kerjasama sudah berlangsung lama. 

Kerjasama ini sudah berlangsung semenjak penyaluran BPNT PKH Kab. Rembang tahun 2018. Untuk penerima masing masing KPM supaya aman perlunya pengamanan dari kepolisian dan prosedur kami mengikuti dari Polres Rembang, " Ujar, " dari Dinsos PPKB Kab Rembang disela sela rapat komitmen trkait penyaluran Bansos.

Terkait sosialisasi nantinya kepada masyarakat terkait bantuan tersebut, dari dinas sosialisasikan melalui vicon diantaranya camat perwakilan desa, kantor pos untuk mempersiapkan penyaluran bantuan. 

Untuk tidak ketinggalan dalam agenda kali ini juga dari Pos Indonesia Cabang Pati menyampaikan untuk 
 a. Pembagian BST via cek giropos 
 b. Dalam pengambilan uang BST kami ada 3 skema Komunitas, KCP dan Door to door 
 c. Dalam pengambilan Komumitas dan KCP akan mengundang penerima dengan dicantumkan tanggal dan waktu untuk menghindari Kerumunan 
 d. Dalam pengambilan BST dengan juknis aplikasi posgiro cash, Daftor banom Manual tanda tangan nominatif dengan disertai barcode 
 e. Pengambil BST nantiya difoto dengan memegang ktp dan uang 
 f. Dalam penyaluran Pihak kantor pos menunggu dari kementerian sosial untuk melakukan penyaluran. 
 g. Data yang sudah masuk ke kantor pos 15.444 KK 
 h. Pada saat ini data dari kantor pos by name by adrees belum keluar Kita ada 16 titik untuk penyaluran Kantor pos pusat 
 i. Bagi penerima membawa ktp dan KK, apabila yang ngambil suami/istri bisa dilayani sesuai nama di KK. 

Dari beberapa paparan di atas yang sudah di sampaikan, bahkan dari pihak BNI 46 Pati oleh Sdr Cahyadi P Putra mengatakan bahwa Penyaluran sembako perluasan Kab Rembang sebanyak 18.839 KPM, untuk kartu yang readi sebanyak 16.005 kekurangan 2.834. Dalam penyaluran kami koordinasi dengan TKSK setiap kecamatan ada 1 TKSK dan penyaluran akan koordinasi dengan pendamping TKSK untuk ditempatkan desa-desa terdekat. 

Dalam penyaluran akan dibagi beberpa titik dan setiap desa dikasih jadwal dan waktu yang berbeda, dengan menggunakan Protokel penyaluran dengan tetap menggunakan / menerapkan Social distancing, cek suhu, cek kelengkapan Dokumen 

Dalam interval waktu pembagian kartu combo dari satu orang ke orang lain selama 3 menit. Rencananya Tanggal 7 Mei 2020 rencanaya akan didistribusikan dengan Satu kecamatan penyalurannya 2-4 titik yaitu kecamatan Pamotan, kragan dan sarang.
 -1 titik pendistribusian mendistribusikan 200-500 orang dengan sistem bagi jam untuk masing masing Desa. 
 -Sampai tadi malam sudah melapor 7 kecamatan untuk tempat lokasi pembagian. 
 -Untuk standart pengamanan petugas 2-5 orang dan diberi jarak 1m atau melaksanakam jarak distancing, 

Untuk penerima diharapkan membawa identitas untuk pendataan ulang dan harus memakai masker. Terkait Teknis penyaluran di lapangan dari pimpinan BNI Pati meminta pengamanan untuk 1 orang pengawalan. 
 - BNI tidak membawa uang tunai selama perjalanan kelokasi penerimaan bantuan jadi diharapkan untuk pengaman hanya dilokasi titik pendistribusian. 

Kemudian dari rangkaian giat di ats di lanjutkan dengan Penandatanganan " Komitmen bersama antara Dinsos PPKB Rembang, BNI cabang Pati, Kantor pos Pati tentang PENGAMANAN PENDISTRIBUSIAN DANA BANSOS KABUPATEN REMBANG 

Berdasarkan PERPU Nomor : 1/IV/2020 Tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan/atau dalam Rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan, Kami Polres Rembang, Dinas Sosial PPKB Kab. Rembang, Bank BNI Cab. Pati dan Kantor Pos Pati akhirnya bersatu berkomitmen dan sepakat 
 1.BNI dan POS sepakat mekanisme penyaluran Bansos melalui Komunitas (BNI/POS), KCP (POS), Dengan tetap mempedomani SOP Covid-19 baik, 
 2.Dalam pendistribusian Bansos, akan di laksanakan Pengamanan oleh Personil Polres maupun Kodim minimal 2 Pers dalam satu titik distribusi. 
 3.Dinsos dan instansi terkait lainnya melaksanakan Sosialisasi kepada masyarakat terkait mekanisme penyaluran Bansos tersebut.
 4.Dalam pendistribusian Bansos baik oleh BNI & Kantor POS tetap mengikuti SOP Covid-19 dan melengkapi APD petugas & masyarakat memakai Masker. 
 5.Dalam pelaksanaanya berkoordinasi Polres, Kodim,Koramil, Polsek, Kec. Serta masing-masing desa/kelurahan.
 6.Dinas Sosial segera mengajukan pemberitahuan dan permohonan/ permintaan personil Pengamanan ke Polres.


Penulis: Ari Kurniawan Z Pendiri dan Penanggung jawab redaksi infojatim.com: Arifin s.zakaria

Post a comment