Gresik - Ribuan warga Gresik memadati sepanjang jalan protokol hingga pendopo kota untuk menyaksikan karnaval kirab budaya, menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kabupaten Gresik ke 42 dan Hari Jadi Kota Gresik 529, Sabtu (12/3/2016).

Untuk menghormati jasa pendiri kota Gresik yakni Sunan Giri, Pemkab Gresik menggelar karnaval kirab budaya. Sebelum karnaval budaya digelar, Sambari Halim Radianto dan Mohammad Qosim,  bupati dan wakil Gresik, menggelar doa di bukit Giri Kedaton. Dengan kirap budaya akan mengingatkan perjuangan Sunan Giri dalam membangun kota Gresik.

Peserta karnaval sendiri, selain Bupati dan Wabub Gresik, Sambari-Qosim serta beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan camat-camat di seluruh Kabupaten Gresik, peserta kirab juga dari siswa-siswi sekolah, communitas maupun masyarakat, ikut ambil bagian dalam carnaval tahunan ini.

Beragam kostum yang dikenakan para peserta karnaval, mulai dari kostum budaya jawa, reog, gaun pengantin, hijab dan kostum cak yuk kebanggan masyarakat Gresik. Dokar, kuda dan Mobil-mobil hias pun juga ikut meramaikan acara ini.

Ada pesan moral dari salah satu peserta karnaval, Hijabee Community Gresik membuat tulisan 'Melestarikan budaya daerah, jadilah generasi Bangsa paham budaya dan suka sejarah', tulisnya dalam bener yang di bawa saat karnaval.

Jalur yang di tempuh karnavan kirab budaya ini yaitu berangkat dari halaman Makam Sunan Giri menuju Jalan Giri Perempatan Bomas, Jalan Dr Sutomo,  lalu menuju Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan Pahlawan, dan berakhir di Pendopo Kota Gresik. arifin sz/team

Post a comment