GRESIK infojatim.com partner - Wawasan kebangsaan dan Bela Negara sangat erat hubunganya dengan Pancasila sebagai anak bangsa, pelajar merupakan generasi penerus bangsa, sebagai kader bangsa yang akan memegang peran dalam persaingan global maka sangatlah penting untuk membekali diri dengan mental yang kuat mental baja yang harus ditanamkan sejak anak-2, remaja sampai orang tua.  Program wawasan kebangsaan dengan pekan Pancasila adalah waktu yang tepat untuk membekali calon-calon pemimpin bangsa Pemerintah melalui Panglima TNI agar memberi pencerahan tentang Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia. Calon pemimpin Bangsa yang bermartabat tertumpu pada generasi muda bangsa hebatnya bangsa Indonesia,  hebatnya Negara Kesatuan Republik Indonesia tergantung mental dari pada generasi mudanya. Pancasila semakin hari  dirasa luntur dalam kehidupan berbangsa dan bernegara terlebih para pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa sangat kurang pemahamannya terhadap Pancasila,dengan pekan Pancasila Koramil 0817 / 12 Sidayu akan menyampaikan materi wawasan kebangsaan lewat Pekan Pancasila.

Danramil 0817/ 12 Kapten Kav Syaiful Anam  mensosialisasikan Pekan Pancasila kepada siswa siswi sekolah SMA Kanjeng Sepuh Sidayu dengan di awasi para guru tampak para pelajar sangat antusias dalam menyimak, memperhatikan materi yang di berikan Bpk Danramil Sidayu, Kapt Kav Syaiful Anam menyampaikan bahwa kegiatan yang dimulai sejak pukul 14.00 s.d 16.00 Wib tersebut untuk membekali dan membentengi para pelajar agar tidak mudah terpengaruh akan hal-2 negatif yang sengaja di sebarkan oleh orang yang menghendaki Indonesia hancur. Dalam penyampaian materinya Kapten Kav Syaiful Anam mendapat sambutan yang luar biasa dari siswa - siswi pelajar, guru pendidik bahkan Kepala Sekolah SMA Kanjeng Sepuh Sidayu larut dalam suasana yang keceriaan para siswa siswinya.

Penyuluhan wawasan kebangsaan di SMA Kanjeng Sepuh Sidayu tersebut, Danramil 0817/12 Kapten Kav Syaiful Anam menyampaikan sejarah Pancasila yang di awali saat di mulainya penyusunan teks Pancasila hingga dirumuskan sebelum ditetapkan sebagai Dasar Negara Indonesia.

Pama Kodim 0817 / Gresik menyampaikan betapa pentingnya para pelajar harus mengetahui tentang Pancasila, karena Pancasila merupakan Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia yang merupakan sumber dari segala sumber hukum, dasar-dasar hukum yang berlaku di Indonesia.  Dasar-dasar hukum Indonesia, Pancasila yang tertuang di dalam sila-sila bahkan sampai butir-butirnya untuk melengkapi aturan yang sdh ada di negeri Indonesia.
Banyak fihak yang berasal dari dalam dan luar negeri berkeinginan untuk menggantikan Pancasila dengan Ideologi yang lain, Komunis, atau dengan faham agama atau dengan faham lainnya. Maka dengan Pekan Pancasila Danramil mengajak segenap elemen bangsa terlebih kepada para pelajar untuk bersatu padu mempertahankan Pancasila agar tetap kokoh menjadi Pilar bangsa Indonesia yang satu rangkaian dengan Undang Undang Dasar 1945.  Pancasila dengan Bhineka Tunggal Ika merupakan wahana pemersatu bangsa Indonesia yang beraneka ragam suku bangsa dan Agama.

Bumi pertiwi memanggil generadi muda bangsa untu peduli dengan kondisi bangsa saat ini yang sangat rentan dari pengaruh asing dengan berbagai cara termasuk budaya, agama, bahkan suku yang di jadikan sumber konflik di negeri kita ini. Generasi muda bangsa Indonesia yang rentan dimasuki berbagai pengaruh asing hendaklah harus kita benteng dengan pekan Pancasila ini, demi kelangsungan hidup dalam berbangsa dan bernegara.  Dengan Pekan Pancasila ini marilah kita semua mengembalikan Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia.
Agar ke depan bangsa ini tidak kehilangan jati dirinya.

Sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ), yang letak geografisnya terdiri dari pulau-pulau, sangat rentan untuk di susupi dari pihak luar yang menginginkan Indonesia terpecah belah.
Lewat wawasan kebangsaan dan Pekan Pancasila ini sebagai generasi penerus bangsa kita sangat berkewajiban untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) serta Pancasila sebagai Dasar Negara.


0817/12 ARZ Team

Post a comment