GRESIK - Sukses besar diraih oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik. Kali ini Desa Sambogunung Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik meraih penghargaan juara I Nasional lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga dengan predikat tertinggi yaitu Prakarti Utama I.

Penghargaan dan thropy juara diserah terimakan oleh Ketua Umum TP PKK Pusat Ny. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo kepada Ketua TP PKK Kabupaten Gresik, Ibu Maria Ulfa Sambari saat  puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXIV Tahun 2017. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani juga hadir pada acara yang diselenggarakan di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim, Kota Bandarlampung, Sabtu (15/7).

Prestasi desa berpenduduk 3.482 jiwa memang patut diacungi jempol. Hal ini karena perilaku masyarakat setempat yang sudah mengetrapkan perilaku hidup bersih dan sehat telah mereka tunjukkan tak hanya sebatas lomba, tapi sudah menjadi budaya. Hal ini terlihat sejak tahun 1976, pendahulu mereka meraih juara lomba desa sehat tingkat Kabupaten Gresik.  

Atas penghargaan yang diterima, Ketua TP PKK Kabupaten Gresik, Maria Ulfa Sambari mengapresiasi dan menyampaikan selamat atas capaian yang diraih oleh kader TP PKK Desa Sambogunung. Menurutnya, capaian ini merupakan buah dari kerja keras dari semua masyarakat Sambogunung dan sekitarnya katanya kepada Kepala Bagian Humas dan Protokol Suyono usai menerima penghargaan.

"Saya berterimakasih kepada seluruh jajaran terkait. Seluruh masyarakatyang yang telah membantu. Sehingga Desa sambugunung Dukun ini bisa meraih puncak prestasi tertinggi yaitu juara I Lomba PHBS Tingkat Nasional. Semoga prestasi ini bisa memotivasi kepada desa yang lain untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Niscaya semua desa bisa menjadi juara seperti desa Sambogunung" ujarnya.

Ke depan, istri orang nomor satu di Gresik ini  berkomitmen untuk terus mendorong peran aktif kader PKK melalui pembinaan secara terus menerus dan berkesinambungan. Tentunya akan selalu terus berkolaborasi dengan Pemkab Gresik terutama dengan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD), agar manfaat 10 Program Pokok PKK dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat luas.

Bupati Gresik yang ikut mendampingi isterinya selaku Ketua TP PKK Kabupaten Gresik menyatakan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat Gresik yang telah banyak membantu sehingga satu persatu Gresik sukses meraih prestasi tingkat Nasional.

"Khusus kepada warga Sambogunung kami sangat-sangat berterimakasih karena selama ini telah bertekad mempertahankan budaya hidup bersih dan sehat yang sudah mentradisi sejak generasi sebelumnya. Semoga mental PHBS ini bisa menjadi virus yang dapat menulari semua desa sehingga perilaku hidup bersih dan sehat bisa menjadi budaya seluruh masyarakat" katanya.

Sambari juga menyatakan, prestasi juara itu juga penting, tapi yang lebih penting adalah implementasi dari juara tersebut kepada kehidupan masyarakat luas. 


ARZ Team

Post a Comment