Info Jatim Grup 06:54 A+ A- Print Email
Gresik, infojatim.com -  Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.


Dalam pertemuan rutin Bu Nyai Nusantara Cabang Gresik,  pada hari Jumat (24/02/2023 ), Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, mengangkat topik kepedulian lingkungan. Menurutnya, salah satu penyebab banjir yang tengah melanda Kabupaten Gresik, adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan.

"Selain disebabkan oleh luapan kali lamong, banjir seperti ini juga bisa dipicu oleh sampah. Maka, saya harapkan melalui pesantren, dapat menggaungkan semangat annadhofatu minal iman (kebersihan
 sebagian dari iman)." ucap wabup.


Bu Min juga mengatakan, langkah preventif semacam ini sudah dilakukan bersama Bupati Gresik Gus Yani sedari dulu. Contoh kecil adalah mengurangi penggunaan wadah plastik sekali pakai. Meskipun dinilai lebih simpel, namun dapat menyebabkan penumpukan sampah jika tidak diolah dengan baik.

"Salah satu upaya kecil adalah dengan mengurangi sampah plastik dari minuman dan makanan. Upayakan menggunakan wadah yang tidak sekali pakai, sehingga ramah lingkungan." katanya.

Untuk itu, agenda kali ini digelar di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an (PPTQ) Al Munawaroh, Kecamatan Bungah. Ini disebabkan, PPTQ Al Munawaroh telah ikut berpartisipasi menjaga dan merawat lingkungan.


Atas usahanya, PPTQ Al Munawaroh diganjar penghargaan sebagai Eco Pesantren oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Selain itu, santri jebolan PPTQ Al Munawaroh seringkali langganan juara dalam ajang bergengsi Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ).

Lebih lanjut, wabup yang akrab disapa Bu Min itu juga mengatakan pentingnya peran serta dari para bu nyai. Dengan adanya organisasi seperti Bu Nyai Nusantara ini, diharapkan dapat mempermudah koordinasi antar pesantren, dalam menanggapi permasalahan yang hadir di masyarakat.

"Nah, kita ikut organisasi ini, supaya nanti informasi yang semula sulit disebarkan, bisa kita sampaikan di sini. Ini semua adalah untuk menjalin silaturahim di Kabupaten Gresik. Sehingga kita bisa saling berkoordinasi ketika ada masalah." pungkasnya. 

Sementara itu di tambahkan oleh pimpinan redaksi infojatim.com bahwa dengan adanya organisasi Bu Nyai Nusantara apa yang disampaikan oleh Bu Min juga ikut partisipasi dan mempermudah kordinasi antar pesantren ketika ada masalah, dan mari kita ikut peduli untuk menjaga lingkungan ," Ungkapnya. (T H)
Sampai berita ini diturunkan, Sabtu (25/02/2023).

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Post a Comment