Selama satu pekan lebih di Wilayah Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, tergenang banjir. Banjir akibat derasnya guyuran hujan tersebut melumpuhkan aktifitas warga setempat, meski Pemerintah Kabupaten Lamongan sudah berupaya mengaktifkan tiga unit pompa banjir namun sampai saat ini dibeberapa titik masih tergenangi banjir, Minggu (6/3/2016).

Sekolahan, Kantor Dinas, Kampung di sepanjang jalan raya Babat, Lamongan menjadi korban banjir tersebut, yang terkena dampak genangan antara lain SMA Empat Lima Babat, SMP Negeri1 Babat, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Babat, kantor Camat Babat, kantor Komando Rayon Militer Babat, kantor PLN Area Pelayanan dan Jaringan Babat serta Desa Bedahan, Plaosan, Sumurgenuk, Kelurahan Babat dan Banaran.

Banjir selama lebih satu pekan ini juga berdampak langsung terhadap aktifitas warga sempat, dari hasil pantauan dilapangan banyak warga yang memilih tingal sementara di rumah keluarganya. "Aktifitas terganggu, untuk sementara terpaksa banyak warga yang tinggal di rumah kelurganya," jelas Mansyur warga setempat.

Meski pengaktifan pompa banjir sebanyak tiga unit berkapasitas 1.350 liter per detik belum efektif mengatasi banjir karena curah hujan beberpa hari ini cukup tinggi.

Menurut Fadheli Purwanto, Camat Babat, mengatakan genangan susah surut selagi masih hujan sehingga pengaktifan pompa pun sia-sia karena air tidak bisa terbuang dengan cepat. "Apalagi daerah resapan air rawa Semando dan Rawa Sogo juga sedang penuh air. Air akan segera surut jika posisi elevasi Bengawan Solo turun dan tidak terjadi hujan lagi," Katanya.

Namun, dampak banjir justru memberikan berkah bagi para pemancing. Mereka memancing di sekitar rel kereta api, di parit kiri kanan jalan raya Lamongan-Babat.

Genangan di sekitar lampu rambu lalu lintas hingga menjelang Pasar Babat memicu kemacetan. Membuat  aparat kepolisian harus bekerja keras mengatur arus lalu lintas di pertigaan Babat mengarah Bojonegoro. Apalagi pengendara dari arah Tuban, Lamongan, ataupun Bojonegoro berusaha saling serobot melitas melawan arah. arifin sz/team

Post a comment