Info Jatim Grup 06:58 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto : Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, saat meninjau secara langsung progress pembangunan TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu) di Belahanrejo, kedamean kabupaten Gresik, Rabu (24/05/2023).

Sampah Merupakan momok besar dalam pencemaran lingkungan di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di kabupaten Gresik. Untuk menanggulangi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Gresik tengah membangun Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) yang berlokasi di Belahanrejo, Kedamean. Pada Hari Rabu (24/05/2023) Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, meninjau secara langsung progress pembangunan TPST tersebut.

"Insyaallah akhir tahun 2023 nanti kita gunting pita disini. Nantinya, TPST ini dapat menampung sampah dari 4 kecamatan, Menganti, Kedamean, Driyorejo, dan Wringinanom. "ujar bupati yang akrab disapa Gus Yani itu.


Dalam kunjungannya tersebut, Gus Yani yang didampingi DLH dan PUPR mengharapkan, TPST secepatnya dapat beroperasi. Mengingat, Gresik Utara merupakan wilayah padat penduduk yang berpotensi menghasilkan banyak sampah.

Menurut Gus Yani, Sejauh ini pembangunan TPST Belahanrejo terbilang lancar. Dari 3 plong hanggar yang akan dibangun, 1 plong telah selesai. Tiap hanggar akan berukuran 25x15m, sehingga total luas hanggar mencapai 75x45m. Segera setelah hanggar selesai, alat pengolahan sampah akan didatangkan ke TPST.

Selain itu, pemugaran akses jalan sejauh 1,3km juga dilakukan untuk memudahkan akses menuju TPST Belahanrejo.


Sejalan dengan keinginan Gus Yani, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sri Zubaidah menyatakan TPST dapat beroperasi pada akhir tahun. Tepatnya, pada bulan Oktober depan TPST secara resmi akan dibuka. Dia juga mengatakan, dengan beroperasinya TPST Belahanrejo akan meringankan beban pengelolaan sampah di Gresik saat ini.

"Dengan adanya TPST yang baru, selain TPA Ngipik, akan membantu mengurangi volume sampah di Kabupaten Gresik. Untuk Gresik Selatan akan di cover oleh TPST Belahanrejo, wilayah kota dengan TPA Telaga Ngipik,"ujarnya beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, selain adanya TPST nantinya tiap desa wajib membuat TPS. dimana sampahnya dipilah dulu di TPS sebelum dikirim ke TPST. 

Untuk diketahui, Pembangunan TPST Belahanrejo ini telah dimulai sejak tahun 2022 kemarin. untuk anggaran pembangunan TPST Belahanrejo berasal dari APBD Gresik tahun 2023 sebesar Rp.6,9 miliar. (Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Redaktur: Rizki

Post a Comment