Akhirnya perjuangan kafilah dari kecamatan Bungah dalam penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVII se-Kabupaten Gresik tahun 2016 tersebut membuahkan hasil. Mereka berhasil menyabet juara umum karena telah menyingkirkan 17 kontingen dari 17 kecamatan se-Kabupaten Gresik.

Penyelenggaraan MTQ sejak tanggal 27-29 April 2016 tersebut, secara resmi ditutup oleh Wakil Bupati Gresik Moch. Qosim, Jumat (29/04) pukul 22.00 WIB, di halaman pondok pesantren Al Ibrahimi Kecamatan Manyar Gresik yang sekaligus sebagai tempat penyelenggaraan MTQ XXVII tahun 2016.

Dalam kesempatan itu, Wabup Qosim menyerahkan piala bergilir kepada Camat Bungah Roeddy Poerwanto dan berpesan agar semakin meningkatkan prestasinya.

"Kepada kontingen yang berhasil menjadi yang terbaik, saya ucapkan selamat atas prestasi yang telah dicapai. Jangan mudah berpuas diri, jadikan keberhasilan ini sebagai motivasi untuk meningkatkan prestasinya pada MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur di Pasuruan mendatang. Kita bertekad mempertahankan juara umum pada MTQ ke 26 yang berlangsung di Banyuwangi lalu," ujar Qosim.

Dirinya juga menjelaskan bahwa terselenggaranya MTQ tersebut bertujuan memahami makna yang terkandung dalam Al Quran. Dan menjadikan Al Quran sebagai pedoman untuk menata kehidupan dan menjalankan aktivitas di masyarakat.

"Dengan kemajuan teknologi saat ini, saya berharap dapat memanfaatkan teknologi sebaik mungkin, jangan sampai kita terbius dengan kemajuan teknologi, maka dari itu tetap jadikan Al Quran sebagai pedoman berkehidupan. Agar nilai-nilai yang terkandung dalam Al Quran dapat membimbing kita di era yang modern seperti saat ini," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Gresik Haris Hasanudin mengungkapkan apresiasinya atas kesuksesan pelaksanaan MTQ ke XXVII di Kabupaten Gresik.

"Kita ucapkan selamat kepada panitia, LPTQ dan pemerintah Kabupaten Gresik yang sukses menyelenggarakan MTQ ini. Semoga MTQ yang akan datang dapat dilaksanakan lebih sukses dan meriah," tukasnya.

Dikatakan Camat Bungah Drs. Roeddy Poerwanto kepada Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono bahwa pihaknya bersyukur dan bangga atas prestasi yang diraih kafilahnya. Dan berharap nantinya dapat mempertahankan prestasinya saat ini.

Lebih lanjut, selain pengumuman juara umum, Kabag Humas Suyono juga mengatakan bahwa terdapat 5 (lima) kecamatan terbaik dalam pelaksanaan MTQ kali ini, yakni kecamatan Bungah, Manyar, Ujungpangkah, Sidayu dan kecamatan Dukun. ia/arifin sz/team

Post a comment