Jakarta - Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) memutasi sejumlah perwira menengah (pamen) dan perwira tinggi (pati) Polri termasuk lima Kapolda di Indonesia.

Mutasi tersebut tertuang dalam surat Nomor ST/936/IV/2016 tertanggal 14 April 2016, yang ditandatangani oleh AS SDM, Irjen Pol, Sabar Rahardjo, atas nama Kapolri, Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

"Hari ini Mabes Polri mengeluarkan TR (telegram rahasia) mutasi lima Kapolda dan beberapa pejabat utama," kata Kepala Biro Penerangan Mabes Polri, Brigjen Pol, Agus Rianto di Jakarta, Kamis, 14 April 2016.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Noer Ali diganti oleh Irjen Pol Condro Kirono yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Krops Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri.

Sementara itu, Noer Ali akan menduduki  Kepala Badan Intelejen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri. Sedangkan, posisi Kakorlantas Polri akan dijabat oleh Brigjen Agung Budi Maryoto, yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalimantan Selatan.

Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Brigjen Pol Triwanto akan menjabat Kapolda Kalimantan Selatan, menggantikan Agung Budi Maryoto. Sedangkan, Kapolda DIY akan dijabat oleh Brigjen Pol Prasta Wahyu Hidayat.

Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Pudji Hartanto Iskandar dimutasi sebagai Pati Yanma Polri, alih status menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di Kementerian Perhubungan.

Sedangkan Kapolda Sulwesi Selatan akan dijabat oleh Irjen Pol Anton Charliyan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Mabes Polri.

Untuk posisi Kadiv Humas Mabes Polri akan dijabat oleh Brigjen Pol Boy Rafly Amar, yang sebelumnya menjabat Kapolda Banten. Jabatan Kapolda Banten akan diisi oleh Brigjen Pol Ahmad Dofiri.

Selain itu, Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Polisi Bambang Waskito dimutasi, dan akan menjabat Widyaiswara Utama Sespim Polri Lemdikpol. Sedangkan jabatan Dirtipideksus Bareskrim Polri akan diisi oleh Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus, Kombes Pol Agung Setya. (Divisi Humas Polri/Arifin sz/team)

Post a Comment