GRESIK - Setelah sukses atas prestasi yang diraih oleh Desa Pangkah Kulon kecamatan Ujung Pangkah Gresik dengan jargonnya 'Pelayanan Cepat Dalam Mengurus Surat' yang hanya memakan waktu 30 detik, ternyata terdengar hingga ke daerah lain.
Tidak tanggung-tanggung, kali ini desa Pangkah Kulon mendapat kunjungan istimewa dari delegasi perangkat desa diseluruh kecamatan se kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (29-09-2016) yang berlangsung di balai desa Pangkah Kulon.
Hal tersebut sesuai dengan harapan Bupati Gresik Dr. Ir. Sambari Halim Radianto yang sangat mendukung program pelayanan masyarakat tersebut dan dapat dijadikan pilot project bagi daerah lain.
Dalam kunjungannya kali ini, rombongan dipimpin oleh Asisten Bidang Pemerintahan kabupaten Mamuju Drs. Artis Efendi dan sejumlah pejabat terkait di lingkup pemerintah kabupaten Mamuju.
Kepala Desa Pangkah Kulon Achmad Fauron melalui Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono mengatakan bahwa pihaknya melayani surat-surat yang dibutuhkan oleh warganya hanya dengan memasukkan nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan). Dari situlah nantinya akan muncul data penduduk yang dimaksud dan surat-surat yang diperlukan oleh warga.
"Dengan memasukkan NIK dan data yang dimaksud sudah valid, pemohon langsung bisa mencetak surat yang dibutuhkan, terhitung hanya memakan wajtu 30 detik. Namun tidak untuk surat-surat tanah, karena masih memerlukan proses dalam pengurusannya," ujar Achmad Fauron.
Achmad Fauron juga mengatakan bahwa program pelayanan tersebut masih dalam tahap penyempurnaan dan akan terus dikembangkan. "Jika program tersebut sudah berjalan sempurna, nantinya akan kami ajukan ke pemkab Gresik agar seluruh desa di kabupaten Gresik ini dapat menggunakan program yang sama," lanjutnya.
Sementara itu, Asisten Pemerintahan kabupaten Mamuju Drs. Artis Efendi menjelaskan bahwa rombongannya akan belajar lebih dalam terkait program pelayanan kependudukan berbasis Teknologi Informasi (IT).
"Hal tersebut sesuai dengan program Bupati kami yang ingin menjadikan pelayanan kependudukan di Mamuju, terutama di kawasan pedesaan berbasis Teknologi Informasi (IT). Kami berharap dengan kunjungan kami kali ini, dapat membawa pulang pengetahuan yang kami inginkan," ucapnya.
Asz/team/d2g

Post a Comment