GRESIK - Pada hari Sabtu, 14 Januari 2017, para pembina pramuka sekaligus pelatih cabang gerakan pramuka Gresik sebagai bentuk sambung rasa, menyatukan visi-misi dan bertuka pendapat demi kemajuan pramuka di berbagai sekolah-sekolah yang berada dibawah naungan Kwarcab Gresik.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Mabincab (Majlis Pembina Cabang) gerakan pramuka kwarcab Gresik sekaligus Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto beserta Ketua gerakan pramuka Kwarcab Gresik yang sekaligus Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim dan pengurus Kwarda Jatim yang dihadiri oleh Waka Bina Anggota Dewasa Bambang SW serta alumni kursus pelatih pembina pramuka tahun 2015 di Gresik.

Para pembina dan pelatih yang hadir dalam kegiatan tersebut kompak mengenakan seragam pramuka dan penuh dengan nuansa kepramukaan. Dalam pertemuannya tersebut, Bupati Sambari menginginkan agar semangat kepramukaan di era modern seperti saat ini hendaknya semakin bergelora.

"Meskipun di era modern seperti saat ini pramuka kurang diminati, namun kami berharap eksistensi dan semangat kepramukaan semakin bergelora. Mengingat grafik kepramukaan saat ini masih bersifat optimum, belum maksimum," kata Bupati Sambari.

Oleh sebab itu, Bupati Sambari mengatakan bahwa saat Jambore Nasional yang diadakan di Kiarapayung Jawa Barat pada tahun 2006 yang lalu, Presiden akan merevitalisasi gerakan pramuka agar mempunyai daya Tarik sebagai kegiatan ekstrakulikuler anak-anak dan remaja. Oleh sebab itu, paying hukum yang selama ini berdasarkan keputusan presiden, akan diperjuangkan dan ditingkatkan menjadi Undang-undang.

"Kami berharap dengan adanya peraturan perundang-undangan terkait kepramukaan tersebut, dapat membentengi, mempertahankan dan meningkatkan kegiatan pramuka. Dan kami optimis kedepan eksistensi kepramukaan dapat bergelora dan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,"pungkas Bupati Sambari.

Wakil Bupati Gresik sekaligus Ketua Kwarcab Gresik Dr. H. Moh. Qosim mengungkapkan bentuk kebanggaannya kepada Bupati Gresik lantaran beliau adalah Bupati yang berpengalaman penuh dibidang kepramukaan.

"Kami yakin, dengan dipimpin oleh Bupati yang sejak kecil berkecimpung dibidang kepramukaan, kelak kabupaten Gresik akan menjadi kabupaten percontohan yang cinta terhadap gerakan pramuka," ujar Wabup Qosim.

Arifin SZ / Team

Post a comment