Bangkalan, infojatim.com - Babinsa Koramil 11/Konang jajaran Kodim 0829/Bangkalan, Serka Suheri dan Sertu Mardiyanto melaksanakan pendampingan panen padi di lokasi Desa Sen Asendengan luas lahan 2 hektar, Kecamatan  Konang, Kabupaten Bangkalan, Senin (30/01/2017).

Kegiatan ini merupakan bentuk monitoring bidang pertanian, sebagai salah satu langkah mensukseskan program pemerintah swasembada pangan di Kabupaten Bangkalan, khususnya di wilayah desa-desa binaan Koramil 11/Konang.

Komandan Koramil (Danramil) 11/Konang Kapten Inf Budiono mengatakan, pada panen padi di areal pertanian milik warga itu, menggunakan mesin modern berupa alat pemanen padi Komben (wheat harvest) yang dioperasikan langsung oleh Babinsanya."Kalau semua petani, saat panen menggunakan mesin ini, bisa lebih efisien. Dari satu hektar lahan tanaman padi saja, dipanen hasil yang maksimal," ujarnya.


"Selain membantu tanam dan panen padi, kami juga melakukan penyuluhan pertanian bersama-sama dengan PPL kepada para kelompok tani (Poktan) di desa yang menjadi binaanya," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani, Roni, mengaku senang dengan adanya pendampingan dari Babinsa, yang terjun langsung membantu para petani dan memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani. "Dengan adanya pendampingan dari para Babinsa hasil panen tahun kali ini cukup bagus, sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkatkan", ujar Roni.

Ia berharap hal ini bisa terus dilakukan oleh Babinsa, sehingga para petani bisa ikut serta mensukseskan swasemabada pangan secara nasional agar warga masyarakat tidak sampai kekurangan pangan.

Arz/team/d2g

 

Post a Comment