GRESIK infojatim.com - Lengkap sudah penghargaan Pemkab Gresik di bidang leadership dan inovasi. Setelah pada tahun 2011, Kepemimpinan Dr. Sambari Halim Radianto mendapat predikat sebagai Kepala Daerah/Leadership Award dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Kini, Putera Daerah asli Gresik ini kembali membawa Pemerintah Kabupaten Gresik meraih Innovative Government Award (IGA) tahun 2017. Tak tanggung-tanggung, Kota Kabupaten yang berjuluk kota Santri ini berada di peringkat pertama dan meraih predikat terbaik dari 10 Kabupaten lain peraih IGA 2017.

Piagam penghargaan Predikat terbaik Innovative Government Award (IGA) 2017 diterima oleh Bupati Dr. Sambari Halim Radianto dari Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo di Puri Agung Convention Hall, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (18/12/2017) malam.

Penghargaan IGA Award 2017 diberikan pemerintah pusat kepada Bupati Sambari, karena Pemerintah Kabupaten Gresik sudah banyak melakukan terobosan inovatif. Sehingga pelayanan publik bagi masyarakat Gresik menjadi lebih mudah, efektif, efisien dan transparan. Kategori inovasi yang dilombakan diantaranya tentang tata kelolah pemerintahan daerah, inovasi pelayanan publik, dan inovasi lainnya yang disesuaikan dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Ada tiga hal utama dalam melakukan penilaian innovative government award, yaitu, aspek kuantitas, aspek kualitas, dan aspek manfaat yang ketiganya didasarkan pada lima kategori inovasi daerah, yakni mengandung pembaharuan seluruh atau sebagian unsur dari inovasi. Memberi manfaat bagi daerah atau masyarakat.

Perolehan Penghargaan IGA 2017 ini telah melalui serangkaian tahapan. Mulai dari penjaringan profil inovasi daerah yang dilakukan pada bulan Agustus kemarin. Verifikasi profil pada bulan September, validasi pada Oktober-November melalui presentasi kepala daerah dan temuan lapangan dan puncaknya pada pemberian penghargaan IGA pada bulan Desember tahun 2017 ini.

Selama ini Pemkab Gresik yang telah banyak melakukan pembaruan yang memberi banyak manfaat dan semakin memudahkan masyarakat menjadi salah satu nominator peraih IGA Award 2017, dan akhirnya terpilih meraih penghargaan tersebut pada peringkat I.

Ada 5 program unggulan yaitu yang ditonjolkan Pemkab Gresik yaitu bidang pertanian dengan sistim tanam jajar legowo, program kartu keluargaku data ulang (kakekku datang), Perpustakaan mini kota wali (Pusmintali), Program Kotaku 100-0-100 dan program Ipal Komunal.

"Kami sampaikan terima kasih kepada masyarakat atas dukungannya selama ini. Sebagai Pemimpin, kami bisa melakukan ini semua atas dukungan semua masyarakat. Sehingga Gresik banyak meraih prestasi. Tujuan kami satu yaitu kesejahteraan masyarakat". Ujar Bupati Sambari kepada Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik Suyono seusai menerima penghargaan tersebut.

Pada kesempatan itu, Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat Gresik untuk tetap mendukung program Pemerintah pada tahun 2018 nanti. "Juga kepada seluruh Forkopimda, Pejabat ASN untuk bersama-sama membantu dalam menjalankan pembangunan menuju kesejahteraan. Untuk melaksanakan program pembangunan butuh kebersamaan dan dukungan semua masyarakat." jelasnya.

Sementara Kepala Bagian Humas dan Protokol Suyono yang ikut mendampingi Bupati Sambari menandaskan, Kali ini Gresik ada dirutan pertama dari 10 peraih IGA 2017 tingkat Kabupaten dengan urutan Pemkab Gresik, Pemkab Bogor, Pemkab Malang Malang, Pemkab Musirawas, Pemkab Pinrang, Pemkab Boyolali, Pemkab Sleman, Pemkab Madiun, Pemkab Bantaeng dan Pemkab Lebak. 


ARZ Team

Post a Comment