GRESIK infojatim.com - Meski baru pertama kali diselenggarakan, kegiatan pesta rakyat yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik ini terasa semarak. Pasalnya, acara yang berlangsung di sepanjang jalan Jakarta GKB (Gresik Kota Baru) tersebut diserbu ribuan pengunjung yang datang dari Kabupaten Gresik maupun luar Gresik.

Tak kurang dari 180 stand Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) menjual produknya dalam acara yang berlangsung mulai tanggal 24 hingga 31 Maret 2018 tersebut.

Tak hanya itu, ribuan buah durian dengan harga yang sangat murah juga nampak ikut meramaikan kegiatan yang diadakan untuk menyemarakkan Hari Jadi Pemkab Gresik ke-44 sekaligus Hari Jadi kota Gresik ke-531 tersebut.

Kholis (35) asal Lamongan misalnya, ia bersama istri dan kedua anaknya rela datang dari Lamongan sejak sore hari demi menyaksikan acara tersebut.

Ia mengaku penasaran dan tertarik dengan acara yang digelar Pemkab Gresik yang katanya ada sejumlah pedagan durian yang menjual buah durian dengan harga yang sangat murah. Dan buah yang dijual juga jumlahnya ribuan.

"Saya dan istri penasaran, makannya kami datang ke empat ini sejak tadi sore. Kami buktikan dan memang betul, durian-duriannya sangat murah dan sangat manis rasanya," ujar Kholis bersama istri dan kedua anaknya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim saat membuka festival pasar rakyat sekaligus ngopi bareng dengan masyarakat tersebut ingin agar promosi terhadap produk yang dihasilkan pelaku UMKM terus digencarkan.

Hal itu dimaksudkan agar produk tersebut makin dikenal dan harapan jangka panjangnya bisa memperluas jangkauan pemasaran.

"Produk UMKM kita cukup bagus dan bermacam-macam, saya rasa sangat layak bersaing di pasar. Kalau promosinya dilakukan secara gencar dan profesional, saya yakin akan semakin meningkatkan pemasaran produk," ujar Wakil Bupati, Sabtu (24/03/2018).

Dengan begitu, lanjut Wabup Qosim, dengan adanya media promosi serta peningkatan pemasaran, maka akan berdampak pada perekonomian para pelaku usaha yang semakin meningkat pula.

Dirinya menambahkan, kegiatan yang bertujuan memperkenalkan sekligus menjual produk UMKM melalui festival pasar rakyat ini hendaknya dilakukan secara periodik.

"Kegiatan semacam ini sangat bagus untuk dilaksanakan secara periodik. Agar para pelaku UMKM memiliki kesempatan untuk mempromosikan produk-produknya kepada masyarakat," imbuhnya.


ARZ Team

Post a Comment