GRESIK infojatim.com - Hari ini, Selasa (20/03/2018), Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Ir. Gunawan Setijadi serta Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono meninjau salah satu lokasi sumur bor yang terletak di Desa Wedani, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik saat ini sedang serius merealisasikan program 1000 sumur bor untuk mengantisipasi bencana kekeringan yang masih sering terjadi di sejumlah wilayah pedesaan di Kabupaten Gresik di kala musim kemarau datang.

"Kami Pemerintah Kabupaten Gresik selalu berupaya mencukupi kebutuhan air bagi warga desa yang kerap kekurangan air di musim kemarau," kata Bupati Sambari di sela-sela peninjauannya.

Menurut Bupati Sambari, pelaksanaan program 1000 sumur bor ini merupakan suatu terobosan yang baik bagi masyarakat. Dan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan seluruh penduduk di 330 desa dengan total Kepala Keluarga (KK) sebanyak 360.525.
"Diharapkan nantinya di setiap desa minimal akan ada dua sumur bor," jelasnya. Sebab, menurut Bupati, Kabupaten Gresik merupakan daerah yang bukan terlalu banyak memiliki air tanah. Karena itu, sumur yang akan dibangun bukanlah sumur resapan atau sumur yang dangkal. "Sumur yang kami bangun merupakan sumur yang dalam," ucapnya.

Program ini juga harus dibarengi dengan sinergitas antara Pemerintah Daerah dan masyarakat agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Dalam kesempatan itu pula, Bupati Sambari menyempatkan mampir ke salah satu rumah warga untuk melihat kualitas air.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono saat mendampingi Bupati mengatakan bahwa hingga kini Pemerintah Daerah selalu berupaya menciptakan inovasi dan terobosan yang memberikan manfaat bagi warga masyarakat.

Tak hanya itu, untuk menjamin pelaksanaan program berjalan dengan maksimal, Suyono mengatakan bahwa Bupati Sambari akan mengawasi langsung dan bahkan akan melakukan inspeksi secara mendadak terhadap program-program yang sedang dilaksanakan.

"Pak Bupati (Dr. Sambari Halim Radianto) ingin pelaksanaan program berjalan dengan maksimal dan tepat sasaran terhadap masyarakat. Bahkan Pak Bupati akan terus mengawasi dan tak jarang akan melakukan peninjauan secara mendadak," kata Suyono. 


ARZ Team

Post a Comment