GRESIK infojatim.com - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta Kabupaten Gresik saat ini sedang menyiapkan proses lelang bagi investor yang akan mengelola ketersediaan air bersih melalui Bendung Gerak Sembayat (BGS).

Menurut rencana, prakualifikasi bagi para calon investor akan dilaksanakan bulan April 2018 mendatang. Setelah itu akan dilakukan proses verifikasi yang dilakukan oleh tim lelang dari internal PDAM yang melibatkan Kerjasama Peran Swasta (KPS).

Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Teknik PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik Harisun Awali saat ditemui di ruang kerjanya usai melakukan pertemuan dengan para tim lelang internal PDAM, Selasa siang (27/03/2018).

"Saat ini kami sedang menyiapkan time schedule dan tahapan-tahapan proses lelang, diharapkan bulan depan sudah mulai kita buka pendaftaran bagi para investor," ungkapnya.

Pihaknya juga tidak membatasi kuota calon investor yang akan mendaftarkan diri untuk menjadi pelaksana pengelolaan Bendung Gerak Sembayat tersebut.

"Kami tidak membatasi jumlah pendaftar. Yang jelas dari keseluruhan pendaftar nantinya akan ditentukan lima calon investor yang memenuhi syarat kualifikasi," lanjutnya.

Setelah itu, dari 5 calon investor akan dikaji ulang terkait dengan strateginya dalam pengelolaan untuk selanjutnya dipilih 1 pemenang tender.

"Hal ini merupakan upaya mengatasi ketersediaan air bersih bagi masyarakat Gresik dan kebutuhan industry di Kabupaten Gresik yang digagas oleh Direktur Utama kami (Muhammad.red)," pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Giri Tirta Muhammad mengatakan, keseluruhan proses lelang hingga ditentukan satu pemenang tender akan tuntas pada akhir tahun 2018.

"Apabila sudah tuntas, maka pelaksana pengelolaan BGS akan membuat perjanijan kontrak dengan Pejabat Pembuat Komitmen dalam hal ini Direktur Utama PDAM dan membuat badan usaha baru," kata Muhammad.

"Kami sedang berupaya secara maksimal agar ketersediaan air bersih bagi masyarakat dapat terpenuhi dengan adanya Bendung Gerak Sembayat yang menampung air 10 juta meter kubik," tambahnya. 


ARZ Team

Post a Comment