Info Jatim Grup 20:30 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto: Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat melepas keberangkatan para pemudik yang mengikuti mudik gratis di tahun 2023.

Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Dinas Perhubungan kembali menyelenggarakan mudik gratis di tahun 2024 ini.

Acara ini bertajuk Mudik Gratis Bareng Gus Yani dan Bu Min akan digelar pada Sabtu 6 April 2024 mendatang di Halaman Kantor Bupati Gresik.

Menurut Kabid Angkutan Jalan Dishub Gresik, Suhartono, Kegiatan tahunan ini mulai disiapkan oleh Dinas Perhubungan dengan menggelar rapat teknis persiapan mudik gratis di kantor Dishub yang dipimpin langsung Kepala Dinas Perhubungan, Khusaini, Kamis (14/03/2024).

Foto: Dinas Perhubungan kabupaten Gresik menggelar rapat teknis persiapan mudik gratis, kamis (14/03/2024).

Suhartono menerangkan, bahwa kegiatan akan dimulai dengan pembukaan pendaftaran. Peserta mudik gratis terbuka untuk masyarakat Gresik yang hendak mudik di kampung halamannya.

"Kami akan menyiapkan 15 armada bus untuk mudik tahun ini. Armada tersebut akan melayani 8 rute yang ada di Jawa Timur. Di antaranya Gresik-Madiun-Ponorogo, Gresik-Bojonegoro-Tuban, Gresik-Probolinggo-Banyuwangi, Gresik-Lumajang-Jember, Gresik-Malang-Blitar, Gresik-Kediri-Tulungagung," terangnya.

Sebagai informasi, Pendaftaran mudik gratis ini dibuka dari Selasa 19 Maret 2024 hingga 22 Maret 2024 mendatang. Pendaftaran dilakukan secara langsung dengan mendatangi kantor Dishub Gresik di Terminal Bunder. Pendaftaran akan ditutup otomatis oleh penyelenggara jika kuota sudah terpenuhi.

Adapun Syarat pendaftaran mudik gratis yaitu melampirkan fotocopy KTP dan KK domisili Kabupaten Gresik, atau surat keterangan domisili Kabupaten Gresik dari kecamatan. 

Bagi masyarakat yang dinyatakan 'Sudah Terdaftar akan diberikan tiket yang berisi nama, alamat, nomor HP, nomor bus dan kursi, serta jurusan yang diberikan oleh petugas di Kantor Dinas Perhubungan.

Sementara itu, Kadishub Gresik, Khusaini dalam keterangannya mengungkapkan, program mudik gratis ini ditujukan untuk membantu masyarakat yang ingin pulang kampung tanpa beban biaya transportasi yang mahal.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya serta memberikan pengalaman mudik yang lebih nyaman dan aman bagi para pemudik.

"Berkendara dengan sepeda motor selain tidak didesain untuk perjalanan jauh, risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor juga sangat tinggi. Untuk itulah tahun ini kami menggelar mudik gratis," pungkas Khusaini.

Untuk diketahui, Kegiatan ini sengaja disosialisasikan lebih awal kepada masyarakat untuk mengantisipasi tingginya animo masyarakat yang akan mudik Lebaran menuju kampung halamannya masing-masing, dengan segala sumberdaya transportasi yang ada, mulai dari menggunakan kendaraan pribadi, bahkan menggunakan transportasi sepeda motor. (Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Redaktur : Rizki

Post a Comment