Info Jatim Grup 22:21 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto: Para pemudik melakukan Pendaftaran Mudik Gratis yang digelar pemerintah kabupaten Gresik. Di Kantor Dinas Perhubungan di komplek Terminal Bunder Jalan Lamongan, Gresik pada Selasa (19/3) pagi.

Hari pertama pendaftaran Mudik Gratis yang digelar pemerintah kabupaten Gresik bekerja sama dengan Bank Jatim. Dengan tema Mudik Bareng Gus Yani dan Bu Min dipenuhi calon peserta yang hendak mendaftar.

Mereka mendatangi kantor Dinas Perhubungan di komplek Terminal Bunder Jalan Lamongan, Gresik pada Selasa (19/3) pagi.

Adapun Jurusan favorit yang dituju seperti Gresik-Madiun-Ponorogo-Tulungagung banyak diminati sejak awal dibukanya pendaftaran.

Berdasarkan pantauan di kantor Dishub Gresik, pendaftar mudik gratis  ini datang saat loket pendaftaran dibuka pukul 08.00 wib.

Calon peserta sebagian besar ibu-ibu datang membawa foto kopi KTP dan KK serta mendaftarkan nomor WA mereka kepada 3 petugas Dishub yang melayani.

Setelah dicatat identitas dan menyerahkan salinan KTP dan KK, peserta mendapatkan selembar tiket. Di dalam tiket sudah tertulis nama, alamat, tujuan bus, nomor bus serta tanggal keberangkatan yang dilakukan serentak pada Sabtu 6 April 2024 mendatang.

Diperkirakan kuota pendaftar sebanyak 1.500 peserta bakal terpenuhi dalam beberapa hari mendatang atau maksimal saat pendaftaran ditutup yakni pada tanggal 22 Maret 2024.

Wiwik Suprihatin, Salah satu calon peserta mudik gratis asal Kecamatan Cerme mengatakan bahwa ia dan keluarganya sangat terbantu dengan adanya program mudik gratis yang digelar pemerintah kabupaten Gresik.

"Saya bersama anak dan suami berencana mudik ke Madiun Karena ada kegiatan. mudik gratis ini Alhamdulillah bisa meringankan beban pulang kampung nanti," katanya.

Hal senada disampaikan Didik Hartono, warga perumahan Gresik Kota Baru yang berencana akan mudik ke Banyuwangi. Dia sengaja ikut mudik gratis karena di tempat kerjanya sudah mulai libur pada 5 April 2024.

"Mumpung sudah ada keputusan libur mulai 5 April dari kantor, jadi saya bisa mengikuti mudik gratis dari Pemkab Gresik 6 April nanti," kata pegawai salah satu perusahaan di Manyar ini.

Diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik Khusaini didampingi Kabid Angkutan Jalan, Suhartono mengaku lega kegiatan mudik gratis mendapat sambutan baik dari warga Gresik. Pihaknya sudah menyiapkan sejumlah meja pendaftaran di kantornya untuk melayani masyarakat Gresik.

Foto: Para pemudik melakukan Pendaftaran Mudik Gratis yang digelar pemerintah kabupaten Gresik. Di Kantor Dinas Perhubungan di komplek Terminal Bunder Jalan Lamongan, Gresik pada Selasa (19/3) pagi.

"Dari pengamatan kami sejak pagi, rute selatan seperti Madiun, Ponorogo, Trenggalek, Nganjuk dan Ngawi banyak diminati calon peserta. Mereka tidak hanya mendaftar sendiri, namun juga bersama keluarganya. Itu kenapa kami minta Kartu Keluarga, agar pendaftar bisa dipastikan anggota keluarganya untuk pendataan kami," kata Suhartono, Kabid Angkutan Jalan Dishub Gresik.

Dikatakannya, hingga Selasa (19/3) siang pukul 12.00 wib, total jumlah pendaftar yang mengikuti mudik gratis sudah tercatat 548 orang.

Dengan Rincian rute pemudik dari Gresik menuju Pasuruan-Probolinggo-Situbondo-Banyuwangi ada 57 orang, sedangkan untuk tujuan Probolinggo-Lumajang-Jember tersedia 2 bus dengan jumlah yang sudah mendaftar 64 orang.

Kemudian rute Malang-Blitar terdapat 12 orang pendaftar, 2 bus dengan rute Gresik-Jombang-Kediri- Tulungagung-Trenggalek ada 60 orang pendaftar.

Rute lain Gresik-Madiun-Ponorogo ada 3 bus dengan jumlah pendaftar 137 peserta. Selanjutnya Gresik-Nganjuk-Madiun sudah ada 40 orang. Kemudian Gresik-Madiun-Magetan ada 3 bus dengan jumlah peserta tercatat sudah 118 orang. Serta Gresik-Bojonegoro-Padangan-Ngawi telah disiapkan  2 bus dengan jumlah peserta 60 orang.

Dengan alokasi kursi bus yang tersedia 1.500 maka kegiatan mudik gratis ini bakal terpenuhi sebelum ditutup pada tanggal 22 Maret.

"Untuk itu sebelum kehabisan kuota kursi bus, sebaiknya mendaftar lebih awal lebih baik," jelas Suhartono di sela pendaftaran peserta mudik gratis.       

Untuk diketahui, kegiatan mudik gratis 2024 ini bertujuan membantu pemerintah dalam menjalankan program mudik Lebaran yang aman dan nyaman bagi para pemudik. (Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Redaktur : Rizki

Post a Comment