GRESIK - Desa Randuagung kec. Kebomas akhirnya menjadi juara terbaik Tingkat Jawa Timur pada lomba desa bersih dan sehat, penghargaan diterima langsung oleh Ketua Tim penggerak PKK kab Gresik Hj, Maria Ulfah Sambari Hr, dari Gubernur jawa Timur pada acara Hari Keluarga Nasional XXIII yang di pusatkan di Kabupaten Lamongan.
Pada hari senin (25-07-2016).

Menurut Ketua TP PKK Gresik Hj Maria Ulfah Sambari Hr usai menerima piala dan penghargaan menjelaskan bahwa Desa terpilihnya desa Randuagung sebagai juara I pada Lomba Desa bersih dan sehat, karena di desa tersebut banyak inovasi-inovasi, demikian juga partisipasi masyarakatnya  sangat tinggi sehingga mereka dengan mudah  tergerak untuk kepedulian desanya.

Inovasi atau program unggulannya yaitu IPAL (Intalasi pengolahan air limbah), Toga, ternak lele, serta adanya bank sampah yang dilengkapi dengan mesin cacah, di bank sampah, setiap warga telah mempunyai buku simpanan hasil penjualan sampah, disini ada juga pembuatan barang-barang, seperti tas yang terbuat dari daur ulang. Dan yang lebih melengkapi Desa tersebut yaitu telah di deklarasikan Desa anti Narkoba.

Sementara itu Kepala Badan Keluarga Berencana dan pemberdayaan Perempuan ( KB dan PP). Kab Gresik dr. Adi Yumanto menjelaskan bahwa penghargaan tersebut merupakan program kesatuan gerak PKK dan KB kesehatan bidang lingkungan sehat dan bersih. Di mana desa Randuagung  Kec, Kebomas yang mewakili Kab Gresik.

Di samping itu desa Randuagung termasuk Desa yangt berhasil dalam program Keluarga berencana (KB) sehingga Tim penilai dari Jawa Timur sepakat kalau Desa Randuagung layak menjadi desa yang berlingkungan bersih dan sehat.

Asz/team/d2g

Post a comment