BANGKALAN - Geliat arus mudik lebaran tahun ini, sejumlah pihak terus berbondong-bondong seraya berpartisipasi mempersiapkan berbagai hal untuk pengamanan arus mudik. Tak terkecuali digiatkan jajaran TNI yang tersebar di Komando Rayon Militer (Koramil) 01 hingga 18 jajaran Kodim 0829/Bangkalan.

Sejumlah Koramil sudah mulai membuka titik rest area bagi para pemudik yang bakal melewati beberapa ruas jalur mudik di Bangkalan. Minggu(03-07-2016).

Kodim 0829/Bangkalan siapkan rest area di tigas poros, diantaranya Jalur poros satu :  Koramil 07/Labeng, Koramil 04/Burneh, Koramil 06/Tanah Merah, Koramil 10/Galis, Koramil 09/Blega.   Sedangkan Jalur poros dua :  Koramil 07/Labeng, Koramil 04/Burneh, Koramil 01/Kota, Koramil 13/Arosbaya, Koramil 14/Klmpis, Kormil 16/Sepulu, Koramil 17/Tanjung Bumi. Untuk Jalur poros tiga :  Koramil 07/Labeng, Koramil 04/Burneh, Koramil 01/Kota, Koramil 02/Socah, Koramil 03/Kamal

Komandan Kodim (Dandim) 0829/Bangkalan, Letkol Inf Sunardi Istanto  menjelaskan hal tersebut merupakan salah satu langkah antisipasi TNI di bulan Ramadhan dalam melakukan pengamanan arus mudik.

Menurutnya, keselamatan pemudik di perjalanan merupakan hal yang paling penting dan perlu diantisipasi untuk meminimalisir angka kecelakaan.

"Tradisi Lebaran sebagai tradisi yang mutlak dilakukan, secara umum sudah ada tugas masing-masing dan TNI AD juga ikut berperan serta.Koramil jajaran Kodim 0829/Bangkalan menyiapkan pos-pos peristirahatan yang dilengkapi dengan fasilitas umum agar para pemudik bisa beristirahat nyaman di tengah perjalanan menunju kampung halaman,"katanya.

Dikatakannya, Fasilitas yang disiapkan di rest area meliputi tempat istirahat, tempat sholat, air minum, toilet dan televisi. "Minimal yang kami siapkan di rest area adalah tempat istirahat, tempat sholat, air minum panas dispenser, toilet dan televisi sehingga pemudik bisa bersantai sejenak melepas lelah untuk melanjutkan perjalanan lagi," terangnya.

Dandim juga berharap dan mengingatkan masyarakat terutama pemudik untuk mengutamakan keselamatan dan keamanan baik berangkat dan kembali nanti serta selama berada di kampung halaman. "Utamakan keamanan dan keselamatan," pungkasnya.
Sumber berita Kpendam

Asz/team/d2g

Post a Comment