GRESIK - Keluarga Berencana (KB) merupakan suatu program pemerintah yang dirancang untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan jumlah penduduk.

Program keluarga berencana oleh pemerintah adalah agar keluarga sebagai unit terkecil kehidupan bangsa diharapkan menerima Norma Keluarga Kecil Bahagia dan
Sejahtera (NKKBS) yang berorientasi pada pertumbuhan yang seimbang.

TP PKK merupakan  mitra kerja  pemerintah dalam pembangunan , baik itu pembangunan fisik terlebih pembangunan sosial, hal ini sangat beralasan karena PKK mempunyai anggota hingga ke dasa wisma, jika pemerintah mempunyai program sosial, seperti sosialisasi keluarga sejahtera,  program pelatihan/ketrampilan bagi  ibu-ibu dll selalu bekerjasama dengan PKK . Demikian disampaikan ketua TP PKK Kab Gresik Hj. Maria Ulfah sambari HR di ruang kerjanya.

Ada banyak kegiatan untuk menanggulangi berbagai masalah sosial, namun yang saat ini diyakini sangat efektif dalam sosialisasi yaitu, menggunakan permainan yang kita kenal dengan beberan.

Beberan ini merupakan permainan mirip dengan monopoli, di mana pemainnya ada sekitar 10 orang atau lebih, salah satunya yaitu konselor atau petugas yang menguasai permasalahan, contohnya yang kita peragakan ini yaitu beberan KB, berarti harus ada satu konselor/penyuluh yang membidangi masalah KB.

Permainan ini sangat  efektif dalam  memecahkan masalah atau solusi, karena warga langsung terlibat, jika ada masalah, saat itu juga di bahas dan diselesaikan.

Karena beberan ini sangat efektif dalam sosialisasi, maka setiap tahun kita selalu mengadakan lomba beberan, dan kita sempat menjadi juara I beberan tingkat Provinsi.


Arifin SZ ( Sumber Humas Gresik )

Post a comment