SIDOARJO - Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf  meyakini bahwa krisis ekonomi yang melanda dunia dan Indonesia akan segera berlalu. "Saya optimis dan meyakini krisis ekonomi yang melanda dunia, Indonesia akan cepat berlalu," ujarnya saat membuka Ground Breaking Suncity Biz di Jalan Arteri Porong, Kab. Sidoarjo, Kamis (15/09/2016). 

Ia mengaku, optimis bahwa krisis yang melanda Indonesia akan cepat berlalu dikarenakan, saat ini Indonesia sedang melakukan percepatan pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur. 

Terlebih di Jatim, pengusaha-pengusaha yang menanamkan investasinya memiliki jiwa petarung untuk menjadi pemenang.Pengusaha petarung ini, tidak hanya bersaing dengan pengusaha dari dalam negeri melainkan pengusaha dari luar negeri. 

"Saya yakin keadaan ekonomi yang lesu ini akan pulih dengan baik dan cepat. Terpenting, saat ini pemerintah bersama swasta menyediakan kebutuhan masyarkat guna menunjang pembangunan di Jatim," tegasnya. 

Rasa optimis dan keyakinan bahwa krisis cepat berlalu di Jatim disebabkan oleh posisi strategis dari Jatim yang menjadi "Hub" dari Kawasan Timur Indonesia. Jatim dikenal sebagai pusat perdagangan di Indonesia Bagian Timur yang melayani sekitar 120 juta penduduk. 

Oleh karenanya, kehadiran Suncity Biz diharapkan memberi dampak bagi terciptanya daerah industri maupun tempat-tempat pameran (Exebition) hingga tempat rekreasi yang mudah diakses oleh masyarakat. 

Menurutnya, Kota Surabaya saat ini sudah tumbuh secara pesat dan sangat penuh jika akan didirikan kawasan industri. Efeknya, daerah seperti Sidoarjo, Pasuruan dan Gresik dipersiapkan untuk menjadi daerah industri yang maju. 

Gus Ipul melanjutkan, bahwa saat ini pemerintah akan berusaha menyiapkan daya dukung untuk menggairahkan dunia usaha. Hal ini dimaksudkan, agar sektor usaha dapat memberi dampak positif sehingga mampu mengungkit perekonomian daerah. 

"Suncity Biz  ini dirancang untuk menggerakkan perekonomian kita. Terlebih, menggerakkan ekonomi UMKM. Segala macam produk UMKM akan dipasarkan disini. Kami berterima kasih karena UMKM telah disediakan panggung dan kesempatan oleh pengusaha dan pemerintah agar berdaya saing memasarkan produknya. Tak hanya itu, Suncity Biz  juga dipersiapkan sebagai kelancaran arus logostik antar barang dan jasa antar daerah," imbuhnya. 

Gus Ipul menilai, bahwa kebutuhan masyarakat di masa mendatang akan hadirnya pusat-pusat perdagangan dan perbelanjaan semakin besar. Saya berharap, ini menjadi awal kegiatan perdagangan yang dapat membantu pemerintah dalam menggerakaan roda ekonomi. "Semoga banyak produk UMKM bisa dipamerkan dan dipasarkan di tempat ini.. Saya ingin, suncity biz menjadi daya dukung peningkatan pertumbuhan ekonomi," tegasnya. 

Bupati Sidoarjo Saiful Illah mengatakan, peletakkan tiang pancang pembangunan Suncity Biz sebagai kota atau daerah bisnis merupakan hal yang tepat. Pemkab Sidoarjo, menyambut baik atas pembangunan proyek ini. Pembangunan di bidang jasa perdagangan dan pemukiman di Sidoarjo merupakan kebutuhan dasar bagi manusia bersinergi bersama kebutuhan pangan. 

Ia menjelaskan, banyak pengusaha-pengusaha yang telah tumbuh dan bergerak untuk melakukan usaha di Sidoarjo. Pembangunan yang dilaksanakan ini tidak lepas dari Pemkab Sidoarjo yang membuka dengan lebar kran investasi agar lebih cepat masuk. "Bahkan, kami memberikan kemudahan berupa proses perijinan yang cepat dan mudah. Semoga, kehadirian Suncity Biz diharap mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kab. Sidoarjo," tutupnya.


Arifin SZ ( Sumber Humas Jatim )

Post a comment