GRESIK Infojatim.com - Pada hari Senin 25/12/2017 wib pukul. 11.45 wib di Dsn.Telbek RT01/ RW01 Ds.Lundo Kec.Benjeng - Gresik telah terjadi kebakaran 2 unit rumah.

Bahwa rumah yang  terbakar milik Bp.SUCIPTO 53 th Tukang bangunan dan milik BP.SUWANDI 50 th, Ketua RT01 / RW01 Dsn.Telbek

Bahwa api pertama kali berasal dari rumah BP.SUCIPTO dari bocornya gas dari tabung elpiji 3 kg yang saat itu baru diganti tabungnya untuk dibuat masak.

Saksi 
1. SULASTRI perempuan 47 th
2. LAMI perempuan 51
3. Dampingi perempuan 43 th
4. SUWANDI 48 th

KRONOLOGIS
1. Saat Saksi SAMPINI, SULASTRI, LAMI sedang memasak di dapur rumah milik SUCIPTO Suami SULASTRI untuk  persiapan punya hajatan.

2. Bahwa sekitar pukul.11.35 wib tabung gas elpiji 3 kg yang saat dipakai kehabisan Gas lalu oleh Ibu SULASTRI tabung tersebut diganti dan kemudian dipakai oleh Ibu LAM lalu kompor tersebut dinyalakan tiba-tiba dari Regulator gas tabung elpiji 3 kg yang baru dipasang tersebut mengeluarkan api lalu SULASTRI, LAMI, SAMPINI berusaha mengambil gombal dan dibasahi untuk menutup api dari Regulator namun api tidak bisa padam.

3. Bahwa melihat kejadian tersebut SUWANDI yang saat itu berada di lokasi langsung matikan kompor 1 yang masih dipakai masak lalu kompor yang kedua tidak bisa mengingat kompor yang regulatornya mengeluarkan api tidak bisa dimatikan tiba tiba api yang berasal dari Regulator tersebut semakin besar.

 4. Melihat api semakin besar seisi rumah keluar untuk menyelamatkan diri.

5. Bahwa api yang berasal dari dapur langsung merambat ke dinding dan seisi rumah yang terbuat dari kayu.

6. Bahwa api yang semakin besar warga berusaha untuk memadamkan api dengan menyiram air namun karena besarnya api sehingga merambat kerumah milik SUWANDI yang  masih kerabatnya.

7. Api bisa dipadamkan oleh warga sekitar pukul. 12.45 wib

8. Pukul 12.45 mobil PMK 2 unit dari PMK Pemkab Gresik datang dan melakukan pembasahan agar api benar benar padam.

Tafsir kerugian
Rp.500.000.000

PERSONIL YANG DATANG KE TKP
1. Kapolsek Benjeng AKP Zamzani SH 
2. Camat Benjeng SURYADI
3. AIPTU SUTOYO B7
4. AIPTU NIRWANTO B-6
5. AIPTU HARIADI KASPKT
6. BRIPKA MUALIK Kasi Humas
7. BRIPKA IMAM Reskrim Benjeng
8. 2 org pol PP Benjeng

LANGKAH YANG  TELAH DIAMBIL
1. Menerima laporan
2. Mendatangi TKP
3. Menghubungi PMK dan PLN
4. Pulbaket

CATATAN
1. Bahwa api dapat dipadamkan oleh warga pukul : 12.45 wib kemudian dibantu PMK untuk melakukan pembasahan agar api benar-benar padam.

3. Bahwa kejadian tersebut tidak ada jatuh korban manusia hanya korban material.

4. Bahwa akibat kebakaran deprkirakan saat memasang Regulator ke tabung Gas Tabung Elpiji 3 kg belum pas. 

5. Bahwa disaat terjadi kebakaran tidak terjadi ledakan dari tabung Gas Elpiji 3 kg.

6. Kondisi rumah SUCIPTO terbuat dari kayu ratah dengan tanah sedangkan rumah SUWANDI Atap beserta seisinya hangus terbakar, dengan kejadian tersebut kita harus waspada dan hati-hati ketika kita hendak memasang terlebih dahulu harus kontrol apakah regulatornya terpasang sudah baik? cek and ricek dan hati hati.


Arifin s.zakaria Team

Post a comment