GRESIK infojatim.com - Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim menyerukan kepada para jurnalis dan insan pers untuk membentengi diri dari berita bohong atau yang lebih dikenal dengan berita hoax lantaran sudah meresahkan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan saat menghadiri peringatan Hari Pers Nasional 2018 yang sekaligus memperingati Hari Jadi Kota Gresik ke 531 di Gedung Graha Sarana PT. Petrokimia Gresik, Rabu (28/03/2018).

"Rekan-rekan jurnalis yang ada di Gresik khususnya, harus menjadi komandan dalam memerangi berita bohong atau hoax yang dapat merugikan dan meresahkan masyarakat," tegas Wabup.

Dirinya mengatakan, bahwa di era kemajuan teknologi saat ini penyebaran informasi sangat mudah didapatkan oleh masyarakat. Namun, perlu adanya peningkatan wawasan dan pengetahuan agar informasi yang didapatkan tersebut akurat.

Oleh sebab itu, peran serta jurnalis sangat diperlukan dalam hal penyebaran informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Profesi sebagai seorang jurnalis sangat mulia, karena telah membantu menyampaikan informasi apapun kepada masyarakat, baik melalui media mainstream ataupun memanfaatkan teknologi informasi yang ada saat ini. Namun yang terpenting adalah peran jurnalis harus mampu membedakan berita tersebut akurat atau hanya informasi abal-abal," imbuh Wabup.

Manfaat lain juga dirasakan oleh masyarakat. Menurut Wabup Qosim, terkait informasi perkembangan dan pembangunan daerah yang disampaikan oleh para jurnalis, semakin meningkatkan wawasan masyarakat dengan tingkat keingintahuan yang sangat tinggi.

"Kami yakin masyarakat saat ini sangat bijak dalam menerima informasi. Oleh sebab itu, perlu adanya sinergitas antara Pemerintah, para jurnalis dan masyarakat untuk mengawal Kabupaten Gresik agar pembangunan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan," pungkas Wabup.

Sebab, kehadiran pers seharusnya bisa menjadi mitra Pemkab dalam menyerap aspirasi masyarakat. Tidak hanya menyampaikan program-program pemerintah, pers juga harus membrikan informasi penting yang berguna bagi masyarakat dan pemerintah itu sendiri.

"Sehingga nantinya tercipta hubungan yang akrab dan saling menguntungkan antara Pemkab Gresik, pers dan masyarakat," ujar Wabup.

Melalui kegiatan ini, Wabup juga memberikan apresiasi lantaran menjadi ajang silaturrahmi antara Pemerintah, insan pers dan masyarakat di Kabupaten Gresik.

Hadri dalam kegiatan tersebut, Asisten Deputi Olahraga Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Drs. Candra Bakti serta pengurus PWI Jawa Timur dan segenap kepala OPD di lingkungan Pemkab Gresik. 


ARZ Team

Post a Comment