KEEROM infojatim.comSatgas TNI Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Pos Kalimo menemukan ladang ganja di sekitar wilayah perbatasan RI-Papua Nugini.
Tanaman ganja yang berhasil diamankan sebanyak 14 batang, dengan tinggi 1 - 4 meter, berada pada lokasi 3 kilometer dari Pos Kalimao, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.

Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis512/QY Letkol Inf. Budi Handoko melalui Wadan Satgas Mayor Inf. Endra mengatakan, penemuan ladang ganja ini dilakukan 10 anggota ketika patroli rutin oleh Danpos Kalimo Sertu Juhair bersama anggotanya. 

"Jadi anggota melakukan patroli dari pagi dini hari, dan menemukan tanaman ganja itu. Selanjutnya disisir dan diketahui jumlahnya mencapai 14 pohon dan siap panen," kata Dansatgas, Kamis (4/1/2018)

Dia menduga, tanaman itu sengaja ditanam oleh warga Papua Nugini yang mendiami wilayah perbatasan. "Saya menduga mereka (warga PNG)  ini sengaja menanam ganja dilokasi itu, dan mungkin masih banyak lagi," katanya.

Barang bukti pohon-pohon ganja tersebut tadi sore langsung diserahkan ke Polres Keerom dan diterima oleh Kepala Urusan Pembinaan operasi satuan reserse narkoba, Ipda Syamsudin.

Penemuan ladang ganjar oleh pihak Satgas Mekanis 512/QY bukan kali pertama. Ini penemuan yang ke tujuh kalinya.  Sebelumnya, pada bulan Desember 2017 lalu juga ditemukan tanaman ganja siap panen.


Arifin SZ Team

Post a Comment