GRESIK infojatim.com - Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik, M. Nadhif berharap agar para pensiunan untuk bisa memenej keuangan selepas purna tugas.

"Penghasilan saudara setelah pensiun nanti tidak seperti dulu lagi, tunjangan juga tidak ada. Untuk itu saudara harus berpola hidup hemat, tidak konsumtif dan bijaksana dalam mengatur keuangan. Insyaallah, saya kira uang pensiun anda akan cukup, bila hanya untuk biaya hidup. Niscaya akan selalu kurang apabila untuk membiayai gaya hidup".

Solusi bijak ini disampaikan Nadhif saat memberikan sambutan kepada 98 orang pensiuanan ASN Pemkab Gresik di Ruang Mandala Bakti Praja, Selasa (9/10/2018).

Para pensiuanan periode Oktober 2018 – Pebruari 2019 ini dikumpulkan oleh BKD Gresik karena mereka bakal menerima SK Pensiun. Pada rentan waktu 5 bulan ini tercatat 98 ASN. Mereka berasal dari berbagai OPD se Kabupaten Gresik. Baik itu tenaga structural maupun fungsional. Indah Sofiana yang saat ini menjabat Asisten I Pemkab Gresik adalah Penjabat yang masuk pensiun pada periode tersebut.

Untuk memudahkan pengelolaan keuangan para pensiunan, BKD Kabupaten Gresik menyiapkan lembaga perbankan untuk membantu kemudahan para pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam memenej keuangannya.

Ada 2 lembaga perbankan yang menawarkan paket-paket pengaturan keuangan pensiunan. Tak hanya itu, Lembaga perbankan tersebut juga memberikan bantuan dalam pelatihan kewirausahaan sekaligus membantu permodalan dan pemasaran. Bahkan salah satu perbankan yang bekerjasama dengan PT Taspen juga memberikan fasilitas sarana olahraga dan kesehatan.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Nadhif berharap kepada para pensiunan untuk terus beraktifitas, peningkatan keimanan dan taqwa.

"Banyak hal yang saudara lakukan selepas pensiun nanti. Misalnya kalau biasanya pada pagi hari saudara berangkat ke kantor maka ubahlah menjadi berangkat ke Masjid untuk sholat Dhuha. Bahkan momong cucu atau mengantar cucu yang masih TK juga merupakan kegiatan positif. Silahkan anda sesekali bergabung dengan para saudara yang lain yang pensiun. Yang lebih penting anda tetap semangat" tandasnya. 


ARZ Team

Post a Comment