SURABAYA infojatim.com - Motto Berani Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.
Polda Jatim kembali melakukan konfrensi pers atas keberhasilannya mengungkap jaringan peredaran narkoba di wilayah hukumnya yang digelar di gedung Patuh Mapolda Jatim pada hari Senin (3/2/2020) pukul 08.30 Wib.

Dalam konfrensi pers kali ini, beberapa kasus narkoba dari berbagai wilayah hukum Jawa Timur dihadirkan langsung ke Mapolda Jatim. 

Beberapa kasus tersebut antara lain, keberhasilan Polda Jatim dalam mengungkap dan menangkap 2 orang pelaku pengedar narkoba yaitu Chee Kim Tiong (40) dan Lau chu hee (39). Keduanya adalah pengedar narkoba antar negara yang berkewarganegaraan Malaysia.

Dalam keterangannya, kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Luki Hermawan mengatakan bahwa Jaringan pengedar narkoba asal Malaysia ini sudah dua kali melakukan pengiriman ke Indonesia. Untuk pengiriman yang pertama berhasil lolos, hingga pada pengiriman yang kedua berhasil ditangkap dengan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 15 kilo yang dikemas dengan bungkus teh cina. 

"Mereka berdua adalah termasuk dalam jaringan pengedar antar negara yang berperan memasukkan narkoba ke Indonesia, termasuk ke Jawa Timur dengan cara di kawal sendiri dari Myanmar, masuk ke Kucing, kemudian dari kucing ke Pontianak menuju Pangkalan pelabun lewat Perak. Dari sini barang ini berhasil kita amankan." Terang orang nomer satu di Polda Jatim ini.

Menurut pengakuan tersangka Chee Kim Tiong, dirinya mendapat bayaran sebesar 40 ribu Ringgit untuk sekali kirim karena langsung berhubungan dengan pemilik barang bernama Mr Poo, sedangkan tersangka lainnya Lau chu hee hanya mendapatkan 7 ribu ringgit untuk sekali pengiriman. 

Selain itu, Polda Jatim juga mengungkap keberhasilan kasus penyalah gunaan narkoba di wilayah Bangkalan dengan tersangkanya adalah Mat, pria berprofesi sebagai pengajar bahasa arab yang mengklaim bahwa Sabu itu tidak haram. Ketika di tanyai oleh wartawan, tersangka mengaku telah mengkonsumsi narkoba selama sembilan tahun. 


Partner Mitra Arifin s.zakaria Infojatim.com (Pendiri dan Penanggung jawab redaksi infojatim.com)

Post a comment