Gresik, infojatim.com - Motto Berani Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap 

Desa Prupuh Kecamatan Panceng Kab Gresik berhasil menjadi juara pertama lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat Provinsi Jawa Timur.

Selanjutnya, Desa Prupuh bakal mewakili Jawa Timur pada Lomba LBS tingkat Nasional.

Thropy dan Penghargaan terbaik sebagai juara I diterimakan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak kepada Isteri Bupati Gresik Maria Ulfa Sambari Halim Radianto di ruang rapat Binaloka Adhikara Kantor Gubernur Jawa Timur di Surabaya, Selasa (24/11/2020), 

Maria Ulfa Sambari menyampaikan terima kasih kepada segenap warga masyarakat Prupuh atas kerja keras dan koordinasinya sehingga menjadi yang terbaik di Jawa Timur.


“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Gresik yang telah memberi semangat dan tak henti hentinya berdoa ,sehingga Gresik menjadi yang terbaik. Kami masih memohon doa dan kerja kerasnya agar selanjutnya, Desa Prupuh dapat menjadi juara nasional” pinta Maria Ulfa.

Beberapa keunggulan Desa Prupuh yaitu inovasi program biopori dan pemanfaatan limbah industry kayu, pembuatan jamur yang memanfaatkan limbah serbuk kayu sebagai media tanam.

“Ternyata pembuatan jamur bisa memberikan lapangan kerja sehingga ada peningkatan pendapatan, yang akhirnya meningkatkan kesejahteraan,” ujar Maria Ulfa Sambari

Desa Prupuh ini dulunya desa yang kesulitan air. Sejak tahun 2013 Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) desa setempat, mengelola sumber air tadah hujan ‘Duyung’ maka seluruh masyarakat desa bisa menikmati sumber air tersebut.


“Untuk melestarikan sumber air, setiap rumah wajib membuat minimal satu biopori yang bisa dimanfaatkan untuk komposting sampah dan juga pembelajaran bagi anak sekolah di sekitar desa” katanya. Sampai berita ini diturunkan, Rabo ( 25/11/2020). 


Penulis: Hasanudin ( Korwil Reporter Jatim) 
Pendiri Penanggung Jawab Redaksi
Arifin S.Zakaria

Post a comment