Gresik - Upaya Pemerintah Kabupaten Gresik untuk menciptakan udara bersih dan sehat seakan tak pernah henti. Seperti yang dilakukan oleh Bagian Administrasi Sumber Daya Alam (SDA) Setda Gresik yang sangat getol untuk memasyarakatkan penggunaan bahan bakar gas (BBG). Yang paling anyar yaitu memfasilitasi pemasangan converter kit gratis untuk kendaraan angkot yang beroperasi di Gresik. Pemasangannya sudah dimulai hari ini, Rabu (13/4/2016) sampai beberapa hari kedepan.

Menurut kepala Bagian Administrasi SDA, Adiana Setiawati melalui kabag Humas Suyono, pemasangan awal converter kit berkapasitas 10 liter setara premium (lsp) digratiskan untuk angkot. Harga alat tersebut saat ini mencapai Rp. 15 juta per unit. Namun sayang converter kit gratis ini hanya bisa dinikmati oleh 9 angkot. " Untuk tahap awal kami hanya dijatah 9 unit yang didanai CSR PT PGN Gagas. Setiap tahun akan kami usulkan untuk ada pemasangan lagi" katanya.

Sebelum pemasangan, pada tahap awal pihak Pemkab Gresik dan PGN Gagas melakukan sosialisasi. "Kami meyakinkan kepada mereka tentang penggunaan gas yang aman dan hemat secara ekonomi" kata Demi Yamiardi (32) dari PGN Gagas. "Mulanya banyak yang pingin pasang, tapi karena para supir tidak punya kewenangan terhadap kendaraannya, maka hanya Sembilan angkot yang siap dipasang" tambahnya lagi.

Pemasangan tabung dan seperangkat alat pada angkot dilaksanakan di tempat parkir belakang kantor Bupati Gresik. masih menurut Demi Yamiardi, Pihaknya memasang alat tersebut sesuai standard operasional dan keamanan yang telah ditetapkan. "Untuk memasang satu unit converter kit type I ini membutuhkan waktu kurang lebih dua jam" jelas Demi.

Abdul (38) warga perumahan Bunder Asri pemilik kendaraan kijang tahun 2003 lyn SG yang dapat jatah pemasangan converter kit gratis menyatakan, sudah sejak lama pihaknya ingin menggunakan BBG. Dia pernah memakai kendaraan berbahan bakar BBG beberapa saat lalu saat di Jakarta. Dia juga tidak tahu kalau di halaman kantor Bupati Gresik ada stasion pengisian BBG umum untuk kendaraan. "Kalau tahu mungkin sudah sejak dahulu saya memasang. Alhamdulillah saat ini dapat alatnya gratis" katanya.

Sesuai data dari Bagian Administrasi SDA Kabupaten Gresik sampai akhir April nanti, total kendaraan yang telah terpasang converter kit BBG ada 81 kendaraan. Masing-masing, kendaraan dinas milik Pemkab Gresik sebanyak 51 unit, kendaraan milik Yayasan Petrokimia Gresik 2 unit,  kendaraan milik PT Smelting 1 unit, kendaraan milik PT PJB Gresik sebanyak 18 unit dan kendaraan angkot 9 unit. (sdm/arifin sz/team)

Post a Comment